Kamis, 25 April 2024

Pelabuhan Domestik Sekupang Siap Tampung Hingga Seribu Pemudik

Berita Terkait

Gelar Apel Antisipasi Kejadian Bencana

Ganjar Tegaskan Akan jadi Oposisi

Calon penumpang membeli tiket kapal di konter lantai dua Pelabuhan Domestik Sekupang. Pihak armada kapal lebaran tahun 2018 ini menyediiakan armada 24 kapal ke semua tujuan. F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Arus mudik tinggal menghitung hari, berbagai persiapan tengah dilakukan pengelola Pelabuhan Domestik Sekupang. Kepala Satuan Kerja (Kasatker) PDS Sekupang, Suherman mengatakan persiapan sudah mulai dilakukan diantaranya kesiapan ruag tunggu yang akan digunakan pemudik menunggu keberangkatan.

Ia menyebutkan, ruang tunggu PDS bisa menampung hingga seribu calon penumpang yang akan mudik. Pihaknya juga mendapatkan tambahan kursi yang nanti digunakan untuk pemudik beristirahat.

Selain itu untuk keberangkatan pagi atau Dumai, pihaknya akan membuka dia ponton sekaligus untuk menghindari desakan dan atrean keberangkatan pagi.

“Biasanya pagi kapal yang berangkat lebih dari satu. Jadi agar mereka tidak berdesakan kami buka dua ponton itu,” ujarnya.

Arus mudik diperkirakan terjadi mulai minggu depan. Pria yang disapa Herman ini juga mendapat tambahan personil sebanyak 30 orang untuk membantu kelancaran arus mudik.

“Mulai H-7 kami sudah bertugas mulai pukul 4.30 WIB, atau mungkin juga kami sahurnya di pelabuhan karena pemudik yang berangkat pagi biasanya tengah malam sudah ada yang tiba, bahkan tidak sedikit yang menginap di sini,” terangnya.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah lokasi penurunan penumpang dari mobil atau taksi dan sebagainya. Berkaca dari tahun lalu, kemacetan memuncak saat penumpang dan barang bawaan mereka turun dari kendaraan saat hendak masuk ke pelabuhan.

“Karenanya kami akan buat tiga lajur untuk mobilitas kendaraan yang menurunkan calon pemudik,” jelasnya.

Selain di pelabuhan, pihaknya juga akan mendirikan tenda di luar halaman parkir pelabuhan seperti tahun sebelumnya. “Karena musim hujan, jadi tenda kami buat pas di lokasi penurunan penumpang. Jadi mereka bisa langsung terlindungi jika hujan,” lanjutnya.

Nanti juga pihaknya akan mendapat bantuan dari Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) Sekupang untuk pengamanan arus mudik lebaran. “Tadi kami sudah rapat, mungkin dalam waktu dekat ini petugas kepolisian juga sudah standbye,” ucap Herman.

Update