Jumat, 29 Maret 2024

Pemudik Mulai Menyerbu Hang Nadim

Berita Terkait

Calon penumpang Bandara Hang nadim memadati pintu keberangkatan Bandara Hang nadim Batam, Minggu (3/6). Lonjakan penumpang yang menggunakan pesawat terbang di perkirakan H-7. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Pemudik Idul Fitri 1439 Hijriah mulai menyerbu Bandara Internasional Hang Nadim dari 30 Mei lalu. Terlihat dari grafik penumpang yang memadati Hang Nadim, jumlahnya melebihi hari biasanya.

“Sudah mulai ada, tapi tak banyak,” kata Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim, Suwarso, Senin (4/6).

Dari data yang dimiliki Suwarso, penumpang yang berangkat Rabu (30/5) sebanyak 7.876 orang, Kamis (31/5) 7.661 orang, Jumat (1/6) 7.948 orang, Sabtu (2/6) 7.352 orang dan Minggu (3/6) 7.700 orang. Jumlah ini menurut Suwarso tidak jauh beda dengan pemudik tahun lalu.

“Normalnya itu penumpang yang berangkat di Hang Nadim 6.700 orang,” tuturnya.

Peningkatan penumpang ini, kata Suwarso karena anak sekolah sudah mulai libur. Lalu perubahan cuti bersama yang agak sedikit panjang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Penumpang yang berangkat ini makin hari makin banyak,” ujar Suwarso.

Ia mengatakan animo pemudik tahun ini cukup tinggi. Namun tidak diiringi dengan adanya penambahan jadwal penerbangan. Hingga kini, menurut Suwarso Maskapai Lion Air dan Sriwijaya yang memastikan adanya extra flight.

“Lion itu extra flightnya tujuan Pekanbaru dan Padang,” tutur Suwarso.

Dari pantauan Batam Pos pemudik memadati Bandara Internasional Hang Nadim sekitar pukul 08.00 hingga 10.00. Agus, salah seorang warga yang ditemui Batam Pos di Hang Nadim menuturkan hanya mengantar anak dan istrinya.

“Kalau saya tiga hari sebelum lebaran baru berangkatnya mas,” ungkapnya.

Pegawai swasta yang bekerja di daerah kawasan Baloi itu menuturkan bahwa anak dan istrinya ingin lebih lama di kampung. Sehingga pulang kampung lebih awal.

“Lagian anak-anak sudah mulai libur, istri saya hanya ibu rumah tangga. Makanya mereka balik lebih dahulu ke Pekanbaru,” ucapnya. (ska)

Update