PEDAGANG sayuran di salah satu pasar di Lingga sedang merapikan barang dagangannya. Saat ini Satgas Pangan menjamin ketersediaan bahan pangan, baik itu sembako, daging maupun sayuran hingga usai Lebaran. F. Wijaya Satria/batampos.co.id

batampos.co.id – Ketua Satgas Pangan Kabupaten Lingga AKP Suharnoko memastikan, kondisi ketersediaan pangan di Kabupaten Lingga hingga Lebaran nanti dalam kondisi aman. Jumlah ketersediaan beras dan bahan pokok lainnya pada kondisi saat ini banyak serta mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kondisi ketersediaan pangan dalam kondisi mencukupi. Dalam waktu dekat ini tim juga akan melakukan pengecekan ulang di setiap gudang dan toko yang ada,” kata Suharnoko kepada Batam Pos, Minggu (3/6) pagi.

Pengecekan sejumlah lokasi gudang dan toko tersebut juga dimaksudkan Suharnoko, untuk mengantisipasi tindakan nakal oknum yang ingin menimbun bahan pangan dan memonopoli harga. Tindakan penimbunan ini tentunya akan merugikan masyarakat karena berdampak pada harga barang di pasaran.

Masih kata Suharnoko, penimbunan barang tentunya akan berdampak pada kenaikan harga sesuai dengan hukum pasar yang menyatakan harga akan melambung jika barang langka ditemukan. “Jika ada kedapatan yang bermain dengan menimbun barang, akan kami tindak sesuai dengan aturan yang ada,” kata Suharnoko.

Selain itu, Suharnoko juga memastikan sejumlah harga bahan sembako atau bahan pangan saat ini wajar kalau mengalami kenaikan sedikit jelang Lebaran, asal tidak kebablasan naiknya. Bahkan ada sejumlah bahan pangan yang mengalami penurunan harga dari harga sebelum Ramadan.

Seperti harga sejumlah sayur-mayur yang drastis turun dari harga biasanya.
Satgas Pangan melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi terkait seperti Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkab Lingga. Dalam sejumlah kegiatan seperti peninjauan pasar, tim ketahanan pangan akan turun bersama mengatasi sejumlah kondisi terkait pangan seperti mengatasi lonjakan harga dan memantau dan menindak pelaku penimbunan. (wsa)

Advertisement
loading...