Kamis, 25 April 2024

4.597 Siswa SD Lulus 100 Persen

Berita Terkait

Bakri Hasyim. F,Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – Sebanyak 4.597 pelajar sekolah dasar (SD) yang berasal dari 145 SD negeri dan swasta, termasuk madrasah ibtidaiyah (MI), kemarin (4/6) dinyatakan lulus. Jumlah yang lulus tersebut merupakan yang terdaftar dan menjadi peserta ujian sekolah berstandar nasional (USBN) 2018.

”Alhamdulillah, tahun ini peserta USBN SD negeri dan swasta yang terdaftar sebanyak 4.597 orang dinyatakan lulus 100 persen. Kita berharap kepada orangtua atau wali murid yang anaknya sudah lulus SD dapat melanjutkan pendidikan ke SMP. Jangan takut tidak bisa melanjutkan pendidikan ke SMP. Karena, saat ini sistem zonasi masih berlaku,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Karimun Bakri Hasyim, Senin (4/6).

Bakri juga menyebutkan, berdasarkan data yang dirangkum, nilai tertinggi dibagi berdasarkan dua kategori. ”Yakni, sekolah yang mendapatkan nilai tertinggi dan peserta yang meraih nilai tertinggi. Untuk sekolah, peringkat pertama dan kedua diraih sekolah di Pulau Kundur. Masing-masing SD Negeri 003 Kundur Utara dengan nilai 238,2 dan SD Negeri 007 Kundur Barat dengan nilai 228,7,” paparnya.

Untuk peringkat ketiga, ada SD swasta 017 Daryul Mukim yang memperoleh nilai 223,9. Jumlah pelajar SD yang lulus lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pelajar SMP yang lulus.

Tetapi Bakri mengaku tidak khawatir. Karena, meskipun terdapat perbedaan sampai 500 orang pelajar SD dan SMP yang lulus, dia menjamin pelajar SD yang akan melanjutkan ke SMP masih dapat tertampung. Apalagi, sistem zonasi masih berlaku. Sehingga pelamar yang tinggal dalam zona sekolah mendapatkan prioritas. Dengan kata lain tidak terjadi penumpukan pelamar pada suatu sekolah.(san)

Update