Iklan
Plt. Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Kapolda Riau Irjen Nandang, dan Dirut BRK Irvandi Gustari memperlihatkan MoU e-samsat usai diresmikan penggunaan aplikasi e-samsat Provinsi Riau di Pekanbaru, Kamis (31/5). f Bank Riau Kepri untuk Batam Pos

batampos.co.id РPlt. Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Kapolda Riau Irjen Pol Nandang, dan Dirut Bank Riau Kepri (BRK) Irvandi Gustari meresmikan penggunaan aplikasi e-samsat sekaligus  layanan samsat pada jaringan kantor BRK, di Gedung Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri, Kamis (31/5).

Iklan

Plt Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim mengatakan melalui program e-samsat Provinsi Riau ini dapat mengurangi rumitnya birokrasi, dalam hal pembayaran pajak.

“Dengan aplikasi ini pelayanan pembayaran pajak oleh masyarakat semakin,mudah, cepat, dan praktis,” jelasnya.

Deputi Pencegahan Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK), Junet Junaidi memberikan apresiasi peluncuran e-samsat di Riau melalui BRK.

“Untuk pembayaran pajak kendaraan di Riau, tidak ada celah lagi kebocoran termasuk pungli (pungutan liar). Sehingga akan menaikkan pertumbuhan PAD Riau secara signifikan,” ungkapnya.

Dirut BRK, Irvandi Gustari mengatakan program e-samsat ini dapat diunduh melalui playstore pada android dan ini yang pertama kali dilakukan BPD se-Indonesia.

“Program ini (e-samsat) akan terintegrasi secara online ke seluruh wilayah Riau,” ujarnya.

“InsyaAllah dua bulan kedepan, pembayaran pajak kendaraan bermotor di Riau sudah bisa melalui mobile banking,” tambahnya.

Kepala Bapenda Riau, Indra menjelaskan dengan resminya e-samsat Riau ini, maka pajak kendaraan dapat dibayar melalui ATM BRK dan semua kantor jaringan BRK.

“Termasuk hari Sabtu dan Minggu, masyarakat dapat membayar di butik-butik Bank Riau Kepri,” jelasnya.

Acara ini dihadiri Kepala PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Riau Herry Kesuma, Kepala OJK Riau Yusri, Kepala BI Perwakilan Riau Siti Astiyah, Kepala BPKP Riau Dikdik Sadikin, Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Rudy Syarifudin, Direktur Operasional BRK Denny M Akbar, Komut HR. Mambang Mit, Komisaris Independen Taufiqurrahman, dan Koordinator Wilayah II Sumatera Korsup Pencegahan KPK Adlinsyah Nasution.

Sementara itu di tempat terpisah BRK bersama seluruh karyawan buka puasa bersama di Pekanbaru, Senin (28/5) BRK wilayah Kepri di Batam, Kamis (31/5) di Golden Prawn Batam.

Dalam kesempatan itu Bank Riau Kepri menyantuni sebanyak 513 anak yatim dari 11 panti asuhan yang ada di Kota Batam. Sementara di Pekanbaru menyantuni anak yatim sebanyak 1.379 orang dan 41 kaum duafa dari petugas kebersihan, petugas taman, teknisi, dan sekuriti Masjid Agung Annur Pekanbaru.(cca)