Jumat, 29 Maret 2024

Ke Batam, Warga Hinterland Borong Sembako

Berita Terkait

Warga Pulau menurunkan barang belabnjaannya di Pelabuhan Rakyat, Sagulung untuk dimasukkan ke kapal, Senin (4/6). Jelang lebaran warga pulau banyak belanja untuk stok lebaran. F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dua pekan sebelum Lebaran, warga hinterland mulai beramai-ramai berkunjung ke Batam. Mereka menyeberangi laut untuk berbelanja kebutuhan berlebaran, Senin (4/6). Seperti yang terlihat di Pelabuhan Rakyat Sagulung, warga pulau di luar Batam terlihat ramai, aktivitas penambang boat juga tampak sibuk.

Adam penambang boat pancung asal Pulau Moro, Karimun mengatakan warga pulau yang ingin berbelanja kebutuhan jelang Lebaran memang mulai ramai. “Puncaknya nanti seminggu hingga tiga hari sebelum Lebaran,” ujar Adam saat ditemui di Pelabuhan Sagulung.

Dia mengatakan berbelanja kebutuhan Lebaran sudah menjadi tradisi warga hinterland. Mereka memborong berbagai bahan kebutuhan seperti beras, telur, mie instan, minuman kaleng, minyak, tepung dan lainnya. “Kondisi ini hampir setiap tahun terjadi. Selain warga yang datang sendiri, warga titip sembako juga banyak sekali,” katanya.

Adam sendiri melayani penumpang mulai pukul 5.00 WIB, ia biasa melayani warga pulau Moro, Pecong, Tanjung Pandu, Jaloh dan lainnya. “Satu hari sekali jalan. Sampai Batam jam 8 pagi berangkatnya nanti jam dua siang,” katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan Iwan, penjual tiket di Pelabuhan Sagulung. Ia mengatakan aktivitas penambang boat pancung mulai ramai, hal tersebut karena warga pulau dari luar Batam mulai berdatangan untuk berbelanja kebutuhan Lebaran.

“Iya sudah mulai ramai. Banyak warga yang datang berbelanja,” katanya.

Dia mengatakan warga tersebut datang dari berbagai pulau seperti Pulau Pecung, Bulang, Pulau Pisang hingga yang paling jauh yakni Pulau Moro, Karimun. (une)

Update