Selasa, 23 April 2024

Penambahan Daya Listrik Gratis

Berita Terkait

Sejumlah umat muslim beribadah di Masjd Uswatun Hasanah, kemarin. Pengelola masjid ini sudah mengusulkan penambahan daya listrik ke PLN. F. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – PLN Ranting Tanjungbalai Karimun telah membuka program penambahan daya secara gratis bagi rumah ibadah hingga akhir Juni ini. Tujuannya untuk memberikan kenyamanan dan sebagai penunjang fasilitas yang ada di rumah ibadah.

”Ada sekitar 20 lebih lah yang sudah terpasang penambahan daya listrik. Makanya kita informasikan kepada pengurus rumah ibadah masih ada waktu untuk melakukan penambahan daya listrik secara gratis,” kata Manajer PLN Rayon Tanjungbalai Karimun Chrisman Ariando, Senin (4/6).

Persyaratannya tidak sulit, cukup datang ke kantor PLN Ranting Tanjungbalai Karimun untuk pengajuan penambahan daya. Penambahan daya listrik rumah ibadah seperti masjid dan musala rata-rata dari 1.300 Watt ke 2.200 Watt. Masjid dan musala banyak penambahan daya pada bulan ini dikarenakan ada kegiatan ibadah salat tarawih dan juga mendekati perayaan Idul Fitri, yang diperkirakan membutuhkan listrik lebih banyak.
”Ini sebagai kepedulian sosial kita kepada rumah ibadah untuk mempermudah menambah daya listrik secara gratis,” ujarnya.

Ia mengatakan, penambahan daya berlaku juga untuk rumah ibadah yang lokasinya berada di luar zona 3, yang sebenarnya dipegang oleh swasta. Selain program penambahan daya listrik terhadap rumah ibadah, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh warga Karimun tetap menggunakan listrik seperlunya selama bulan Ramadan.

Selain itu, bila ada rencana untuk memangkas dahan pohon yang berdekatan dengan jaringan listrik PLN agar melakukan koordinasi lebih dulu dengan pihak PLN.
”Yang jelas selama bulan suci Ramadan tidak ada pemadaman listrk. Kalaupun ada pemadaman, biasanya akibat gangguan jaringan. Seperti kemarin ada pohon bambu yang dipangkas mengenai kabel jaringan listrik,” ujarnya.

Untuk itu diharapkan kerja sama masyarakat agar tidak terjadi gangguan yang bisa mengakibatkan terjadinya pemadaman. ”Kita sama-sama menjaga jaringan listrik. Kalau masyarakat ingin menebang pohon yang kebetulan berhadapan dengan jaringan listrik agar melapor ke PLN dahulu,” imbaunya.(tri)

Update