Jumat, 29 Maret 2024

Tiket Mudik Ludes, Operator Siapkan Armada Cadangan

Berita Terkait

Calon penumpang membeli tiket kapal di konter lantai dua Pelabuhan Domestik Sekupang. Pihak armada kapal lebaran tahun 2018 ini menyediiakan armada 24 kapal ke semua tujuan.
F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Operator kapal angkutan mudik menyiapkan armada cadangan guna menghadapi lonjakan pemudik yang akan melalui Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) saat arus mudik nanti.

Ketua Bidang Kapal Penumpang Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Indonesian National Shipower Association (INSA) Batam, Asmadi mengatakan untuk keberangkatan tanggal 10-15 Juni tiket tujuan Buton sudah habis, sedangkan tujuan Dumai maih tersisa walau tidak banyak.

Untuk tujuan Dumai nanti, berdasarkan laporan operator kapal yang diterima, Asmadi mengungkapkan ada lima kapal yang tiketnya sudah 90 persen terjual. “Jadi hanya tinggal beberapa saja lagi. Bagi yang belum membeli silakan mendatangi konter tiket,” ujarnya.

Melihat peningkatan pemudik yang telah memesan tiket ini, pihak operator menyiapkan satu kapal cadangan guna mengangkut penumpang yang belum terakomodir tiketnya.

“Ini antisipasi jika permintaan masih banyak,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, ribuan penumpang diperkirakan akan melalui PDS. Tidak saja tujuan Dumai, Buton, Kualatungkal, saat ini tiket tujuan Tanjungbalai, Karimun juga sudah mulai dipesan. Menurutnya pemudik sudah mulai berangkat tanggal 9 Juni nanti. Karena PNS juga mulai masuk cuti bersama.

“Liburnya cukup panjang, jadi mereka pulang lebih awal,” terang Asmadi.

Mengenai puncak arus mudik, ia melanjutkan perkiraan akan terjadi mulai tanggal 12 Juni nanti.

“H-2 lebaran kemungkinan pucaknya,” tutupnya. (yui)

Update