Selasa, 19 Maret 2024

Bulog Jamin Harga dan Stok Beras Stabil

Berita Terkait

Dua orang pekerja sedang mengerjakan kemasan beras di Gudang Bulog Batam di Batuampar, (8/5) lalu. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id– Kepala Bulog Batam, Agung Rochman membantah adanya kenaikan beras premium di Batam yang tinggi di beberapa pasar di Batam. Sampai saat ini Agung menegaskan, hasil pantauan di lapangan bersama tim satgas pangan, harga komoditi pangan, khususnya beras masih stabil.

“Nggak ada itu beras premium mengalami kenaikan harga yang tinggi. Apalagi soal stok, kami dari Bulog di gudang melimpah. Begitu juga daerah penghasil kan juga lagi panen. Makanya kalau ada pedagang beras yang mengatakan harga beras premium tinggi karena stok beras langka, itu tidak benar,” ujar Agung Rochman, Rabu (6/6).

Harga beras premium sendiri, lanjutnya, saat ini masih di batas wajar di HET.

“Kalau ada yang menjual beras premium di atas HET tapi tak terlalu tinggi, biasanya pedagang memanfaatkan momen itu jelang lebaran seperti ini. Kalau ingin mendapatkan beras premium dari Bulog, kami selalu ada, dengan metode pemasarannya kami distribusikan ke setiap Rumah Pangan Kita,” terangnya.

Sementara pada bazar murah sembako yang digelar selama seminggu nanti, Bulog Batam juga ikut turun.

“Berapa nantinya komoditi pangan yang akan kami persiapkan untuk bazar murah sembako, itu yang belum kami bisa pastikan akan menyiapkan berapa ton. Kalau pengalaman sebelum puasa Ramadan kemarin, bazar sembako murah selalu diserbu warga. Dalam satu titik saja, kami mampu menjual beras sebanyak 1,5 ton,” kata Agung.

Agung yakin di bazar Ramadan jelang lebaran nanti, animo masyarakat akan lebih tinggi dibandingkan saat sebelum puasa Ramadan.

“Intinya berapa masyarakat menginginkan, kami siap untuk itu. Tak ada komoditi pangan di Batam ini yang akan kehabisan atau kesulitan stok, baik itu beras, gula maupun daging,” ujar Agung mengakhiri.

Diberitakan sebelumnya harga beras premium di Batam masih tinggi pasca dikeluarkan surat edaran penurunan harga eceran tertinggi (HET) beras di Batam. Hampir dari pedagang, khususnya toko kelontong tidak tahu tentang surat edaran tersebut dan menjual harga beras tetap diatas HET lama yakni Rp 13300.

Seperti di pasar Cahaya Garden, harga beras premium rata-ratanya masih berada diatas Rp 13500 perkilo. Mulai dari jenis beras ayam bola, ranah minang, hoki, cemara dan lainnya. (gas)

Update