Iklan

batampos.co.id – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kepri akan libur selama lebaran. Libur dimulai dari 11 Juni hingga 18 Juni. BI Kepri akan buka kembali mulai 19 Juni.

Iklan

“Namun selama dua hari awal, BI hanya akan beroperasi secara terbatas,” kata Kepala BI Perwakilan Kepri Gusti Raizal Eka Putera, Rabu (6/6).

Beroperasi secara terbatas, BI akan melayani operasi moneter Rupiah mulai dari Standing Facilities Rupiah, yakni kegiatan penyediaan dana Rupiah dari BI kepada bank dan penempatan dana Rupiah oleh bank di BI dalam rangka operasi moneter.

“BI akan buka normal kembali pada 20 Juni mendatang,” ujarnya.

Gusti juga mengatakan perbankan mengikuti jadwal libur nasional. Namun ada sejumlah perbankan membuka beberapa kantor cabangnya untuk melayani operasional secara terbatas.

Contohnya Bank Negara Indonesia (BNI). Pgs Pemimpin Cabang BNI Batam Adi Trainiarto Nugroho mengatakan BNI tetap membuka pelayanannya meskipun bank-bank lain libur.”Kami buka dari tanggal 11 hingga 20 Juni, kecuali pada saat lebaran 15 Juni nanti,” katanya.

Meskipun buka, tapi jam operasional terbatas dari pukul 09.00 hingga pukul 15.00 WIB. Dan hanya berlaku di Kantor Utama BNI Batam di Kampung Utama Nagoya.

Sedangkan Ketua Perhimpunan Perbankan Nasional (Perbanas) Kepri Daniel Samzon mengatakan perbankan mengikuti jadwal libur nasional.

“Tapi ada beberapa bank yang berbeda. Saat liburan ada beberapa yang buka, tapi hanya terima setoran dan penarikan saja,” kata Daniel.

Kegiatan perbankan yang dimaksud Daniel adalah transaksi setoran tunai.”Dimana bank menerima setoran dana tunai dari toko-toko. Namun untuk proses kliring, bank akan melakukannya pada saat buka tanggal 20 nanti,” ujarnya.(leo)