Jumat, 29 Maret 2024

Perbaiki Jalan Menuju Kawasan Industri

Berita Terkait

Warga terpaksa menambal jalan yang rusak dengan batu di Jalan Marina Citi, Tanjunguncang, Batuaji, Rabu (30/5). Jalan ini sudah lama rusak dan berbahaya bagi pengendara, bila hujan datang banjir, bila kemarau berdebu. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – DPRD Kota Batam meminta Pemko dan BP Batam untuk memperbaiki jalan raya atau akses menuju kawasan industri di Batam. Ini akan membantu mempermudah lalulintas barang dan orang dari dan masuk ke kawasan industri.

“Setahu saya masih ada beberapa titik jalan menuju kawasan industri yang masih perlu perbaikan. Misalkan menuju kawasan industri Kabil yang masih kurang bagus. Padahal akses jalan ini demi kelancaran arus barang,” kata anggota komisi III DPRD Kota Batam, Werton Panggabean.

Selain di daerah Kabil, jalan menuju kawasan industri di Tanjunguncang juga banyak yang rusak. Termasuk jalan di marina city yang banyak digunakan pekerja Tanjununcang. “Yang saya dengar sudah sering terjadi kecelakaan di sana. Hujan sebentar saja di sana sudah banjir,” katanya.

Ia tidak mempersoalkan siapa pun instansi yang mau memperbaiki jalan tersebut. Yang jelas akses menuju daerah pariwisata dan menuju daerah industri harus diperbaiki.

“Sangat jelek nama Batam kalau jalannya rusak. Saya apresiasi pak Walikota yang melakukan pembangunan jalan di pusat kota. Mudah-mudahan setelah di pusat kota maka akan berlanjut ke sekitar kawasan industri,” katanya.

Ia juga mendesak pemo melebarkan jalan Ahmad Yani, mulai dari Simpang kabil ke Simpang Panbil yang sudah menjadi langganan macet. Padahal jalan tersebut juga menuju dua kawasan industri besar di Batam yaki kawasan industri Panbil dan Batamindo.

“Di situ memang macet. Jalan itu memang menjadi akses utama ke arah Batuaji yang memang banyak industrinya di sana. Ini juga bentuk dukungan untuk meningkatkan investasi di Batam. Misalnya jalan di Kabil dan di kawasan industri lainnya juga harus diperbaiki,” katanya.

Kabaghumas dan protokol Pemko Batam, Yudi Admaji mengatakan bahwa pembangunan jalan di Batam ini dilakukan secara bertahap tergantung kas daerah. Saat ini, Pemko sedang memperbaiki jalan di daerah Batam Center.

“Tetapi intinya semua Batam akan diperbaiki. Tahun depan rencananya jalan dari Simpang Kabil ke Mukakuning akan dilebarkan,” katanya. (ian)

Update