Jumat, 19 April 2024

Pesan Kasatreskrim untuk Warga Batam

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Sat Reskrim Polresta Barelang mengimbau masyarakat lebih waspada terhadap aksi kejahatan yang kerap terjadi saat mendekati Lebaran Idul Fitri. Terutama, kejahatan sepeti kasus penipuan.

Kasat Reskrim Polresta Barelang AKP Andri Kurniawan mengatakan, aksi penipuan yang kerap terjadi pada saat ini adalah penipuan melalui media sosial (Medsos) maupun elektronik dengan dalih penjualan produk.

“Masyarakat harus peka dan melihat barang yang ingin dibeli. Kroscek dulu kebenarannya sebelum melakukan transaksi melalui penawaran dengan harga yang murah,” ujarnya.

Dijelaskan Andri, modus penipuan dalam medsos biasanya dilakukan dengan Facebook, Whatsapp, bisnis online maupun medsos lainnya dengan menawarkan harga jauh dibawah dari harga kewajaran maupun lainnya.

“Jangan tergiur harga murah namun berkahir mengecewakan. Kalau bisa bertemu langsung dengan penjualnya. Itu lebih baik. Kalau penjual di luar kota, dicek lagi kebenarannya,” tuturnya.

Selain menawarkan barang, modus penipuan lainnya adalah dengan menghubungi korbannya dan mengaku dari seorang pejabat. Kemudian pelaku memperdaya korban untuk mengirimkan uangnya dengan mengaku nama dan pangkat orang lain.

“Kalau ada yang seperti ini langsung lapor pada kami. Sebelumnya, kami juga menangkap pelaku pencurian dengan kekerasan yang mengaku sebagai petugas BNN,” bebernya. (gie)

Update