Iklan

batampos.co.id Wajah Via Vallen tampak tegar. Ditemui di sela syuting klip video lagu Meraih Bintang di Toha Studio, Ciputat, Via terlihat segar dalam balutan kaus pink, Rabu (6/6). Insiden direct message (DM) yang diduga berasal dari pemain Persija Marko Simic sehari sebelumnya sama sekali tak merebut optimisme pedangdut asal Sidoarjo itu.

Iklan

“Itu masalah lain, nggak boleh ganggu karir saya dong,” katanya.

Ketika mendapat DM tersebut, Via mengaku sempat syok.

“Saya sebagai penyanyi dangdut sering dipandang sebelah mata terus dapat DM begitu ya merasa dilecehkan. Memang saya perempuan apaan,” katanya dengan mimik tak kecewa. Karenanya, Via pun meng-screenshoot DM dan mengunggahnya ke fitur Insta Story di akun Instagram-nya. Lengkap dengan percakapannya dengan pengirim DM.

Menurut Via, apa yang dilakukannya bertujuan positif. Dia ingin agar para perempuan tidak tinggal diam jika mendapat perlakuan seperti itu baik di dunia maya maupun dunia nyata. Sudah saatnya perempuan lebih berani untuk angkat bicara jika mengalami insiden pelecehan.

Via menambahkan bahwa jika dia atau perempuan lain diam saja, maka perilaku melecehkan akan terus terjadi. Pelaku akan merasa perbuatannya wajar-wajar saja.

“Kalau kita diam, berarti kita mendukung si pelaku untuk melakukan hal itu lagi dan lagi,” tegas Via.

Atas tindakannya mengunggah DM tidak menyenangkan, Via mendapat dua respon. Ada yang merundung, ada yang mendukung. Merespon para perundung, Via menegaskan bahwa perempuan yang baik tak akan terima mendapat perlakuan seperti itu.

“Kalau yang mendukung si pelaku, pasti mereka mikir itu perlakuan yang biasa aja,” ujar Via.

Di sisi lain, dukungan yang diterima Via pun sangat banyak. Publik menilai apa yang dilakukannya sangat baik dan berani. Sejumlah tokoh publik pun mendukungnya. Mulai dari aktivis feminis hingga para artis.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dukungannya,” ujar Via.

Apakah akan melapor ke polisi? Via menjawab tidak. Sebab, apa yang dia lakukan bertujuan sebagai pengingat agar para perempuan Indonesia lebih berani bertindak jika diperlakukan tak sopan.

Kini, alih-alih galau karena insiden DM tak senonoh, Via memutuskan untuk fokus berkarya. Apalagi, dia terpilih membawakan lagu Meraih Bintang yang menjadi salah satu theme song Asian Games.

“Bangga dong, bisa membawa nama Indonesia dan dangdut ke level internasional,” katanya riang. (len/JPG)