batampos.co.id – Cabang olahraga (cabor) atletik optimis bisa menjadi juara umum dalam gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) yang akan digelar 20-28 Juli mendatang di Kabupaten Lingga. Demi meraih target yang ditetapkan ini, cabor atletik akan terus menggelar latihan rutin.

ketua Kontingen Kota Batam Muhammad Ali mengatakan jika cabor atletik adalah langganan juara umum. Karenanya, target juara umum yang diberikan pada cabor atletik dalam Popda nanti adalah target yang realistis.

“Atletik adalah salah satu lumbung medali Kota Batam. Dan cabor ini juga menjadi salah satu cabor yang rutin menjadi juara umum. Karenanya, target juara umum untuk atletik adalah hal yang wajar,” terang Ali, Kamis (7/6).

Ia juga menjelaskan dengan keberhasilan cabor atletik menjadi juara umum dalam Popda sebelumnya, Dinas Pendidikan KOta Batam nerapkan target serupa dengan raihan sebelumnya. “Paling tidak kami memberikan target yang sama dengan sebelumnya. Tak mungkin kami memberikan target dibawah raihan Popda sebelumnya,” tegas Ali.

Ali juga menjelaskan jika dalam Popda nanti, Kota Batam akan menurunkan 17 atlet untuk mengikuti 24 nomor yang dilombakan.

“Sebanyak 17 atlet atletik siap berlaga dalam Popda 2018. Rencananya nanti akan mengikuti 24 nomor yang diperlombakan,” ujarnya.

Beberapa nomor menjadi nomor unggulan cabor atletik Kota Batam. Diantaranya adalah lari 5.000 M, 10.000 M, 400 M, dan 800 M. “Nomor ini memang menjadi andalan bagi Kota Batam dalam meraup medali,” terang Ali.

“Nomor lainnya dalah nomor lempar lembing. Karena dalam kejuaraan nasional (kejurnas) atletik pelajar tahun 2017, atlet atletik Kota Batam mampu meraih peringkat dua,” ujarnya bangga.

Menurut Ali, beberapa catatan prestasi yang diraih oleh atlet atletik Kota Batam ini membuatnya optimis atletik bisa meraih juara umum.

“Optimis dan yakin atletik Kota Batam akan bisa meraih gelar juara umum. Hanya sekarang tinggal mempersiapkan sebaik mungkin bagaimana untuk merealisasikan target itu,” katanya.

Ali juga menjelaskan tim atletik Kota Batam untuk gelaran Popda hingga saat ini masih terus berlatih meningkatkan kemampuannya. Tim atletik Popda Kota Batam tengah menggembleng dirinya di Sekolah Yos Sudarso.

“Untuk latihan, mereka menggunakan Sekolah Yos Sudarso. Hanya saja lantaran tengah memasuki Ramadan, pori latihan tidak seberat hari biasa,” ulasnya.

Di bulan Ramadan, lanjut Ali, atlet atletik Kota Batam hanya mendapat porsi latihan ringan. “Saat ini hanya diberikan porsi latihan untuk menjaga kebugaran tubuh, skill, dan stamina. Ini karena masih Ramadan,” ungkapnya.

Di lain pihak beberapa kabupaten/kota dipastikan menjadi saingan berat Kota Batam dalam merengkuh gelar juara umum. “Biasanya yang menjadi lawan kuat dalam Popda nanti adalah Kabupaten Lingga, Karimun, dan Bintan,” beber Ali.

“Mereka kuat di nomor lari 100 M dan 200 M. Terutama Kabupaten Lingga dan Karimun. Tetapi Kota Batam juga memiliki atlet-atlet lari yang tak bisa dipandang enteng,” cetusnya.

ilustrasi

Kota Batam, menurut Ali, telah mempersiapkan atletnya untuk menghadapi perlawanan atlet-atlet atletik daerah lain. “Beberapa indikator dalam latihan selama ini menunjukkan jika atlet Kota Batam sanggup bersing di nomor yang selama ini menjadi kelemahan atletik Kota Batam,” paparnya.

“Ini yang membuat kami optimis dan yakin jika gelar juara umum bukan target yang mustahil,” jelas Ali kemudian.

Sementara itu, Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Batam akan segera menggelar Musyawarah Kota dalam waktu dekat ini. Musyawarah kota (muskot) ini dilakukan lantaran masa jabatan kepengueusan PASI 2015-2018.

“Karenanya harus segera dilakukan pemilihan ketua dan kepengurusan baru untuk menghindari mandeknya pembinaan atlet atletik,” tutur Ali.

Kamis (7/6), KONI Batam mengumpulkan pengurus, tokoh, dan klub atletik Kota Batam untuk membicarakan persiapan gelaran Muskot.

“Persiapan hingga saat ini masih sampai pada persiapan pembentukan panitia untuk pemilihan Ketua untuk mmasa jabatan selanjutnya. JUga membahas mekanisme pemilihan dan pengajuan calon ketua PASI Kota Batam,” tutup Ali.(yan)

Advertisement
loading...