Sabtu, 20 April 2024

Banyak Ruas Jalan Terendam Banjir

Berita Terkait

Genangan air terjadi di Jalan R Suprapto, depan Perumahan Putri Tujuh, Batuaji, Jumat (8/6). Tergenangnya jalan ini akibat tidak adanya drainase yang memadai. asal hujan jalan ini selalu tergenang. F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Hujan deras yang terjadi kemarin, Jumat (8/6) membuat beberapa ruas jalan di Batuaji tergenang banjir. Yang paling parah adalah ruas jalan R Suprapto tepatnya di depan perumahan Putri Tujuh, Batuaji.

Dari pantauan Batam Pos, hampir semua badan jalan tergenang banjir. Drainase yang tidak bagus dan kemiringan jalan membuat air tidak bisa mengalir lancar ke drainase induk. Pengendara atau pengguna jalan harus ekstra hati-hati untuk melewati genangan tersebut.

“Tiap hujan, jalan ini memang selalu tergenang. Kondisi seperti ini sudah bertahun tahun,” Kata Andi, warga Putri Tujuh.

Selain itu, di jalan Pahlawan dekat RSUD Embung Fatimah, tepatnya di pintu masuk pertokoan Aviari juga tergenang banjir. Selain karena jalan yang agak rendah, drainase di sana juga sempit.

“Kalau hujan deras, jalan ini sudah pasti terendam banjir. Kemarin (Senin lalu, Red) ini terendam semua. Tak Sanggup drainasenya menampung,” ujar Pardi, tukang ojek yang sering nongkrong di sana, Selasa (29/5).

Selain itu, sampah plastik juga banyak di dalam paret. Belum lagi, pengendapan sampah dan lumpur di dalam drainase. “Sampah banyak yang terbawa arus kalau lagi hujan. Itu juga hambat jalannya air,” katanya.

Selain di sana, beberapa titik jalan yang sering terendam banjir adalah di depan pasar Melayu, Batuaji, yang paling parah adalah di sekitar jalan masrina city.

Sementara itu, kepala dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Yumasnur beberapa waktu lalu mengatakan bahwa saat ini, pihaknya fokus mengatasi titik banjir di Batam. Normalisasi drainase di beberapa titik di Batuaji sudah dilakukan.

“Kita terus bekerja. Normalisasi terus dilakukan. Di Batuaji, sering dilakukan pengerukan drainase. Untuk drainase yang sempit, mungkin akan dilakukan pelebaran, tetapi tetap dengan cara bertahap,” katanya. (ian)

Update