Menyambut  mudik Lebaran 2018, Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia atau Perum Jamkrindo menyelenggarakan acara mudik gratis dengan tujuan beberapa kota di Jawa, Sumatera. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang di gagas oleh Kementerian BUMN melalui sinergi BUMN.

Khusus di wilayah Batam, Jamkrindo mendapat jatah memberangkatkan 70 pemudik dengan rute Batam-Belawan (medan) pada tanggal 9 Juni 2018.

Kementerian BUMN menargetkan tahun ini jumlah pemudik yang bisa memanfaatkan Mudik bersama BUMN 2018 sebanyak 200 ribu orang pemudik dengan 394 kota tujuan yang dilaksanakan melalui sinergi BUMN. Perum Jamkrindo sendiri akan memberangkatkan sebanyak 1.300 orang pemudik dengan menggunakan bus, kereta api dan kapal laut yang diberangkatkan secara bertahap dan tersebar di berbagai titik di seluruh Indonesia.

“Program yang digagas oleh Kementerian BUMN ini merupakan wujud BUMN hadir untuk negeri,” ujar Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto.

Perum Jamkrindo rencananya memberangkatkan pemudik secara masif pada tanggal 8 dan  9 Juni 2018 berbarengan dengan mudik bersama BUMN lainnya dengan tujuan Jawa Barat, jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawes. Rinciannya sebanyak 16 Bus dengan jumlah pemudik 640 orang berangkat dengan tujuan Lampung, Cirebon, Brebes, Tegal, Pekalongan, Bumiayu, Purwokerto, Tasikmalaya, Banjar, Cilacap, Semarang, Klaten Jogja Solo Sragen Ngawi dan Madiun. Sementara itu dua rangkaian Kereta Api, dengan jumlah pemudik 200 orang, berangkat dengan tujuan Malang dan Surabaya, dan terakhir Enam Kapal Laut, dengan jumlah pemudik 460 orang, berangkat tujuan Bau-bau, Surabaya, Bima, dan Belawan.

Program mudik bersama ini diharapkan dapat memfasilitasi kegiatan mudik yang aman dan nyaman.

“Kami harap dengan adanya kegiatan mudik bareng BUMn, masyarakat dapat merasa terbantu untuk kembali ke kampung halaman masinh-masing,” ujar Randi Anto menambahkan

Selain Mudik, sebagai bentuk kepedulian Perum Jamkrindo kepada masyarakat yang membutuhkan di saat Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri Tahun ini, Perum Jamkrindo menyelenggarakan serangkaian kegiatan  sosial berupa pembagian sembako gratis dan santunan kepada yatim piatu.Kegiatan Pembagian Sembako dan Santunan Yatim Piatu bagian dari rangkaian kegiatan sosial untuk memeriahkan hari jadi perusahaan yang ke-48 Tahun yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2018.

Total ada 4.800 paket sembako gratis yang dibagikan dan 3.470  anak disantuni. Dengan rincian di kantor pusat, dibagikan 500 sembako, sedangkan sisanya tersebar di Semarang, Banjarmasin, Mataram, Bandung, Sorong, Malang, Medan, Jambi dan Pontianak.

“Kegiatan ini merupakan bukti bahwa keberadaan Perum Jamkrindo, sebagai salah satu BUMN, dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat di sekitarnya,” kata Randi Anto.

Mudik bersama Jamkrindo

Tak hanya itu, Perum Jamkrindo juga melakukan berbagai rangkaian kegiatan Sosial lainnya untuk memeriahkan hari jadi perusahaan yang ke-48 Tahun seperti Pemberian Operasi Katarak Gratis di Sumedang, donor darah, dan Jamkrindo peduli pendidikan yang berupa pemberian paket perlengkapan pendidikan untuk Sekolah Dasar yang akan dibagikan serentak di seluruh Indonesia pada 26 Juni 2018.

Perum Jamkrindo merupakan satu-satunya  BUMN  yang bergerak di bidang usaha Penjaminan. Perum Jamkrindo berperan memberikan penjaminan kredit dan konsultasi manajemen kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Koperasi (UMKMK) dalam menunjang perekonomian nasional yang telah 48 tahun melayani UMKM Indonesia melalui penyediaan jasa penjaminan, dan bermitra kerja dengan perbankan dan non bank.

Kehadiran Perum Jamkrindo dapat menjembatani agar UMKMK memperoleh kemudahan dalam mengakses sumber permodalan melalui skema penjaminan. Seperti diketahui saat ini ini masih banyak UMKMK yang belum bankable, namun usahanya layak  untuk dibiayai lembaga keuangan.Ruang lingkup usaha Perum Jamkrindo adalah melakukan penugasan Pemerintah yaitu Penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR), Penjaminan Kredit Mikro, Penjaminan Kredit Umum, Penjaminan Kredit Multiguna, Penjaminan Kredit Distribusi Barang, Penjaminan KPR (FLPP),  Penjaminan Kredit kendaraan Bermotor, Penjaminan Surety Bond, Penjaminan  Custom Bond, Penjaminan Bank Garansi/Kontra Garansi, Penjaminan  Supply Chain Financing dan melakukan  Penjaminan Sistem Resi Gudang (SRG) atau warehouse receipt system.

Selain itu,  terus mengembangkan berbagai produk penjaminan untuk terus mempertegas perannya bagi perkembangan UMKM di Indonesia diantaranya melalui penjaminan peer to peer (P2P) lending dengan tetap berpedoman pada visi perusahaan yaitu menjadi perusahaan penjaminan terdepan yang mendukung perkembangan perekonomian nasional. (*)

Respon Anda?

komentar