batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan mengklaim stok dan harga kebutuhan pokok stabil. Meski demikian, Pemkab akan terus melakukan pengawasan dan pemantauan sejumlah kebutuhan bahan pokok pangan menjelang Lebaran.

Berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan yang memantau di sejumlah lokasi pasar tradisional, sejauh ini harga yang beredar masih cenderung stabil. ”Saya turun langsung meninjau pasar-pasar tradisional yang ada di Bintan,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Khairul, Jumat (8/6).

Hasil pantuannya itu, tidak ada permasalahan stok maupun kenaikan harga yang signifikan. ”Berdasarkan keterangan dari pedagang tidak ada masalah dan mereka mendapatkan barang dengan lancar,” ungkapnya.

Meski demikian, Pemkab Bintan akan terus melakukan pengawasan dan pemantauan. Karena diperkirakan beberapa hari ke depan menjelang Lebaran, kondisi pasar akan mengalami peningkatan permintaan.

”Permintaan akan meningkat sehingga perlu dilakukan antisipasi sedini mungkin. Untuk itu kita terus melakukan pengawasan supaya jangan karena kebutuhan meningkat jelang Lebaran, lalu dinaikkan secara sepihak oleh pedagang,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bintan Apri Sujadi usai memimpin Rapat Kordinasi FKPD mengatakan bahwa hingga saat ini tidak ada kenaikan harga pangan yang naik secara signifikan, Kamis (7/6). ”Kami belum lihat penyimpangan yang menyebabkan harga pangan naik secara tajam, rata-rata naik masih dalam mekanisme yang normal, sekitar Rp 1.000 hingga Rp 2.000,” ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan, komoditas bawang merah Jawa berada di kisaran harga Rp 34.000 per kilogram (kg) naik Rp 2.000 dari sebelumnya. Lalu harga sayur di kisaran harga Rp 12.000 per kg turun Rp 2.000 dari sebulan sebelumnya. Harga cabai rawit di kisaran harga Rp 35.000 per kg naik Rp 1.000 dari sebelumnya. Harga telur ayam di kisaran harga Rp 1.330 per butir naik Rp 30 dari sebulan sebelumnya.

Kemudian komoditas strategis lainnya seperti daging ayam masih stabil di harga Rp 38.000 per kg, daging sapi segar masih stabil diharga Rp 145.000 per kg, daging sapi beku masih stabil seperti sebulan sebelumnya di harga Rp 95.000 per kg. (met)

Respon Anda?

komentar