batampos.co.id – jelang libur cuti bersa­ma Ha­ri Raya Idul Fitri 1439 H tah­un ini, Hiswana Migas Ka­bu­paten Karimun menjamin stok premium dan solar cukup sam­pai dengan setelah hari ra­ya. Meski libur tahun ini lebih cepat dibandingkan tahun lalu.

”Insya Allah, berdasarkan laporan masing-masing agen, pangkalan serta SPBU, untuk BBM jenis premium dan solar mencukupi. Bahkan, stoknya yang ada saat ini cukup sampai dengan setelah hari raya,” kata Ketua Hiswana Migas Kabupaten Karimun Yuswar Yahyanati, Jumat (8/6).

Selain itu, lanjutnya, berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, khususnya konsumsi BBM menjelang hari raya dan pada sa­at hari H, mengalami pening­ka­tan. Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kekurangan BBM, katanya, sudah dilakukan penambahan persediaan bebe­rapa hari sebelumya.

Sehingga saat ini stok BBM yang ada diprediksi cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Pulau Karimun. Hanya saja, dia tidak bisa menyebutkan berapa jumlah pasti persediaan BBM jenis premium.

”Mudah-mudahan tidak ada masalah untuk BBM di Karimun dalam menyambut hari raya nanti,” harapnya. Sementara itu, agen gas elpiji PT Central Jaya, Budiyani secara terpisah me­ngatakan, saat ini gas elpi­ji 12 kg yang biasa dikonsumsi rumah tangga dan 50 kg un­tuk kebutuhan rumah makan, per­sediaannya mencukupi sa­mpai dengan hari raya nanti.

”Saat ini gas elpiji 12 kg dan 50 kg yang ada dan beredar di Karimun merupakan gas elpiji nonsubsidi. Sehingga persediaannya selalu ada,” katanya.

Libur Hari Raya Idul Fitri tahun ini dimulai Senin (11/6). Tapi menurut Budiyani, ketersediaan gas epliji nonsubsidi tidak ada masalah. Jika persediaan sudah mulai berkurang, pihaknya bisa melakukan pengisian kembali di Pertamina kapan saja dibutuhkan. Apalagi pada saat libur atau cuti bersama hari raya nanti, Pertamina di Tanjunguban tetap melayani untuk pengisian gas epliji nonsubsidi.

”Untuk pengisian kembali gas epiji ke Tanjunguban tidak ada masalah. Selain itu, kita juga punya armada sendiri untuk mengangkut tubung-tabung gas elpiji 12 kg dan 50 kg,” ujarnya.

Mereka bisa berangkat kapan saja. Rencananya dalam beberapa hari ke depan kita juga akan melakukan pengisian gas elpiji. Kita berharap kondisi cuaca di laut bersahabat. Sehingga pergi dan pulang pengisian bisa berjalan lancar,” katanya. (san)

Respon Anda?

komentar