Kamis, 25 April 2024

Tiga ABK Positif Narkoba

Berita Terkait

 Petugas tengah memeriksa urine kru pesawat di Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang, Jumat (8/6). F. Yusnadi/batampos.co.id

batampos.co.id – Badan Narkotika Nasional (BNN) Tanjungpinang bersama Satnarkoba Polres Tanjungpinang melakukan tes urine terhadap kru pesawat di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Jumat (8/6).

Tes yang sama juga digelar di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang. Hasilnya, tiga orang Anak Buah Kapal (ABK) dinyatakan positif narkoba. Sementara itu, pilot dan pramugari negatif menggunakan obat terlarang.

Kepala BNN Tanjungpinang Abdul Hasyim Panggabean mengatakan, tes urine tersebut bertujuan memberikan rasa aman serta untuk meyakinkan keselamatan penumpang yang menggunakan moda tranportasi udara dan laut. Selain itu, tidak menimbulkan keraguan penumpang terhadap kondisi kru pesawat dan kapal saat mudik Lebaran.

“Tes urine dilakukan untuk meyakinkan penumpang, bahwa kru pesawat atau kapal dalam kondisi sehat,” jelasnya.

Pada kegiatan yang dilakukan secara berkelanjutan tersebut, kata Hasyim, BNN dan polisi memeriksa urine pilot, kopilot dan pramugari dari maskapai Sriwijaya Air, Wings Air dan Lion Air. ”Setelah dites, kru pesawat negatif mengkonsumsi narkoba,” katanya.

Sementara itu, dari 30 orang kru kapal yang mengikuti tes urine di Pelabuhan Sri Bintan Pura, tiga ABK dinyatakan positif menggunakan narkoba. Ketiganya langsung diamankan untuk proses pengembangan dan pemeriksaan lebih lanjut.

“Tiga orang positif sabu, dan langsung diamankan polisi,” kata Kasi Pengawasan dan Pencegahan BNN Tanjungpinang Hery Purwanto.

Selanjutnya, kata Hery, pihaknya akan menunggu hasil pemeriksaan dari penyidik Satnarkoba Polres Tanjungpinang. Apabila dalam proses pemeriksaan dan pengembangan ditemukan barang bukti, maka akan ditindak sesuai hukum. “Kalau terbukti hanya pemakai, akan diserahkan dan direhabilitasi di BNN Tanjungpinang,” pungkasnya. (odi)

Update