Iklan
Calon penumpang antri di pintu keberangkatan Bandara Hang Nadim Batam, Jumat (8/6). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Arus mudik Lebaran di Batam semakin terlihat di jalur pelabuhan maupun di bandara.

Iklan

Demi menjaga keamanan dan kelancaran saat mudik Lebaran, Kapolresta Barelang Kombes Hengki memberikan beberapa tips aman kepada masyarakat Kota Batam dalam melakukan perjalanan.

“Tips mudik dari kita (kami, red), sebelum berangkat dan dalam perjalanan itu selalu hubungi keluarga yang dituju dan selalu informasikan posisi kita (kami, red),” kata Hengki.

Hal ini dilakukan agar keluarga yang sedang menunggu di kampung untuk tidak khawatir dan selalu mengetahui keberadaan pemudik.

Kemudian, untuk mudik yang menggunakan kendaraan, pemudik diharapkan untuk selalu mengecek kelengkapan kendaraan. Baik itu lampu rem, tekanan angin dan lainnya. Jika dalam perjalanan itu pemudik merasa lelah atau mengantuk, pemudik diminta untuk beristirahat.

“Tentunya kalau mau istirahat itu ditempat yang nyaman dan aman. Hindari istirahat di tepi jalan,” tuturnya.

Sementara, untuk yang mudik dengan gunakan kapal laut yang memakan waktu lama, para pemudik diminta untuk tidak menerima makanan maupun minuman dari seseorang yang baru dikenal. Hal ini untuk menghindari pemudik yang menjadi korban pembiusan.

“Kasus ini sudah sangat sering terjadi. Hampir setiap tahun diberbagai daerah ada korban pembiusan. Untuk itu, kita harus tetap waspada, terutama terhadap orang yang baru kita kenal,” bebernya.

Dan yang terakhir, Kapolres meminta kepada masyarakat untuk lebih memperhatikan lagi rumah yang akan ditinggalkan. Ia meminta kepada masyarakat untuk selalu menggunakan kunci ganda ke pintu rumah maupun memasang kunci ganda kendaraan yang ditinggalkan.

“Kabel listrik dan colokan listrik jangan lupa dimatikan semua. Tak kalah penting juga, regulator gas harap dilepas untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” kata Hengki.

Ia menambahkan, kepada pemudik juga diharapkan untuk melapor kepada perangkat Rt maupun tetangga sebelum berangkat. Selain itu, pemudik juga diharapkan melapor kepada pihak kepolisian agar dilakukan patroli rutin ke rumah-rumah yang ditinggalkan pemiliknya. (gie)