foto: viral via whatsapp

batampos.co.id – Libur Lebaran yang cukup lama membuat Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bintan optimis angka kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara akan terus meningkat. Selama libur Lebaran nanti, Dispar Kabupaten Bintan menargetkan 10 ribu wisatawan akan berkunjung ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Bintan.

Kadispar Kabupaten Bintan Luki Zaiman Prawira menargetkan angka jumlah kunjungan wisata pada libur lebaran nanti sebanyak 8 ribu sampai dengan10 ribu orang. Hal tersebut berdasarkan pengalaman dan catatan Dispar Bintan terkait tren wisatawan berkunjung ke Bintan selama liburan Lebaran.

“Akan meningkat baik yang berasal dari wisatawan mancanegara dan nusantara serta warga Bintan, Tanjungpinang dan Kota Batam,” katanya.

Ia mengklaim tren kunjungan wisatawan ke Bintan cukup baik, bahkan beberapa objek wisata di Bintan terus menjadi perburuan saat musim libur seperti di akhir tahun lalu. Pada waktu itu tercatat jumlah wisatawan yang berkunjung sekitar 5 sampai dengan 8 ribu pengunjung.

“Kita targetkan tahun ini bisa lebih, ada objek baru yang mungkin mampu menjadi daya tarik tersendiri seperti lokasi objek foto 3 Dimensi yakni Rumah Imaji di Kawasan Bintan Resorts Lagoi,” ujarnya.

Dikatakannya juga, pihaknya telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 556/Dispar 01-1 kepada pemilik atau pengelola usaha jasa, seperti hotel, home stay dan resort terkait imbauan keselamatan berwisata bagi pengunjung. Surat Edaran tersebut dikeluarkan pada Januari 2018 yang lalu.

Dalam surat edaran tersebut, diimbau kepada pengelola usaha jasa pariwisata untuk menyediakan peringatan dan membatasi pengunjung dalam berenang agar tidak terlalu jauh dari sisi pantai. Selain itu, pengelola juga harus menyediakan life jacket sebagai alat pendukung wisata air, menyediakan personel medis, melakukan pengawasan di area pantai atau laut serta memiliki nomor petugas darurat PMI, BPBD dan Polsek terdekat.

“Untuk Libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri tahun ini, pemerintah kembali mengingatkan hal-hal penting itu ke pengelola usaha jasa pariwisata untuk mendukung keberhasilan dunia pariwisata Kabupaten Bintan,” tukasnya.(met)

Respon Anda?

komentar