Iklan

batampos.co.id – Pawai takbir tahun ini akan lebih semarak. Sekitar 200 kendaraan hias akan ikut serta memeriahkan acara tahunan ini.

Iklan

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Yusfa hendri menyampaikan kepastian 1 syawal menunggu keputusan pemerintah pusat. Namun pihkanya memperkirakan, 1 Syawal bertepatan dengan tanggal 15 Juni 2018. Artinya takbiran akan dilakukan pada tanggal 14 Juni malam.

“Tahun ini mudah-mudahan lebih banyak, karena biasanya tahun lalu kan diikuti sampai kecamatan, tahun ini kami imbau kelurahan juga ikut serta. Kami perkirakan 200 kendaraan hias,” kata Yusfa, Senin (11/6).

Adapun rute yang akan dilewati yakni mulai dari Palm Spring Batam Center- Jalan Layang Laluan Madani – Simpang Indomobil – Polsek Lubuk Baja – Jalan Raden Patah – Martabak Har – Harbour Bay – Seraya Atas – Simpang Kuda Sei Panas – Simpang Gelael – Bundaran Tuah Madani – Masjid Agung Batam Center.

“Sampai finis kendaraan tidak berhenti, mereka akan terus kembali ke tempat masing-masing, ini dilakukan untuk menghindari penumpukan kendaraan,” ucapnya.

Ia menyampaikan, pawai ini tdak diikuti oleh kendaraan roda dua, dengan kata lain hanya diikuti oleh kendaraan roda empat atau lebih. “Kami imbau roda dua tidak ikut dalam pawai takbir, pasca takbir pun untuk tidak lakukan kegiatan ugal-ugalan,” kata dia.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam Yudi Admaji mengatakan, elemen yang dinilai kelak berbagai macam, dari kerapian, keserasian, dekorasi, tema hingga jumlah dan kekompakan desain kendaraan hias dan suara takbir serta pukulan bedug.

“Kriteria penilaiannya juga, suara bedug dan takbirannya tak boleh dari kaset,” imbuhnya

Sementara itu, Sekda Kota Batam Jefridin mengatakan, dalam aspek penilaian akan melibatkan Lembaga Adat Melayu (LAM). Dalam rapat persiapan idul fitri di Kantor Wali Kota, Selasa (5/6) juga membicarakan gelaran idul fitri dan open house Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad.

“Salat dipusatkan di Engkuputri. Open house dua pimpinan kita dihari H pelaksanaan idul fitri,” terangnya. (iza)