Sejumlah petugas kebersihan Kota Batam merapihkan sampahdari sampah rumah tangga di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Mega Legenda Batamcenter, Kamis (14/6).Kadis Dinas Kebersihan dan Pasar Kota Batam menjamin pengangkutan sampah tetapberjalan selama perayaan Idul Fitri. F Cecep Mulyana/Batam Pos 081364943594

batampos.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bekerja keras untuk mengangkut sampah di perumahan warga jelang dan saat Lebaran.

Sejumlah armada pengangkut sampah tampak hilir mudik sejak pagi hingga siang kemarin.

“Kami kerja terus, petugas angkut sampah bekerja semaksimal mungkin,” ujar Kepala Bidang Persampahan, DLH Batam, Faisal, Kamis (14/5/2018).

Dia mengatakan mekanisme pengangkutan tetap dilakukan dua kali seminggu. Ada yang Sabtu-Rabu dan Jumat-Selasa.

“Karena lebaran Jumat dan pasti terjadi peningkatan volume sampah pihaknya memaksimalkan pelayanan di H-1 jelang lebaran,” jelasnya.

Terkait pengangkutan sampah yang terlambat, Faisal meminta warga bersabar jika ada sampah yang belum diangkut. Faisal memastikan semua sampah di perumahan bisa selesai hari ini agar tidak menumpuk saat lebaran.

“Yah kalau meningkat sudah pasti, karena lebaran banyak yang masak belum lagi kaleng minuman dan lainnya,” ujarnya.

Sementara pantauan lapangan, saat ini pelaksanaan pengangkutan sampah tengah berjalan, seperti yang terlihat di Perumahan Tiban BTN Blok M, Sekupang. Semua bak sampah milih warga sudah kosong dan siap untuk diisi kembali.

“Tadi satgas sudah turun dan mengangkut semua sampah. Warga yang lain harap menunggu. Sampai sore nanti kami masih bekerja demi kelancaran lebaran besok,” ungkap Faisal.

Sementara itu, warga di Perumahan Tiban BTN, Muhammad mengaku sampat khawatir karena sampah di depan rumahnya tak kunjung diangkut satu hari jelang Lebaran.

“Besok sudah lebaran, kalau bisa tong sampahnya kosong,” sebut dia.

Ia sangat mengapresiasi langkah cepat satgas sampah yang telah menyelesaikan pengangkutan sampah di perkarangannya.

“Tadi langsung diangkut sampahnya. Jadi kami tidak khawatir besok berlebaran. Karena sampah pasti lebih banyak dan perkarangan jadi bersih. Karena kalau menumpuk tentu menimbulkan bau yang tidak sedap,” lanjutnya. (une)

Advertisement
loading...