Jumat, 29 Maret 2024

Lebaran, Libur, dan Sampah

Berita Terkait

Tiga petugas kebersihan sedang bekerja. .
F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Lebaran, produksi sampah tidaklah sedikit. Memasuki Lebaran kedua, pemandangan tak sedap mulai terlihat di sekitar perumahan warga.

Sampah mulai menumpuk di halaman rumah dan beberapa ruas jalan di Batam, Sabtu (16/6/2018).

Seperti di Perumahan Bida asri I Batamcenter, tong-tong sampah yang ada di depan rumah warga sudah terisi penuh oleh sampah. Apalagi, saat Lebaran banyak sampah dari sisa makanan maupun bungkusan kue yang membuat sampah cepat menumpuk.

“Sudah pemandangan biasa, saat Lebaran. Bisa dimaklumi, mereka (petugas kebersihan) kan juga Lebaran,” ujar Sujono yang biasa disapa Pak De, menanggapi sampah yang menumpuk di depan rumahnya.

Ia menyebutkan, mengantisipasi penumpukan yang berlebih, ia bersama warga sekitar memilih untuk langsung membakar sampah tersebut pada malam hari. Atau jika sempat, langsung membuang sampah ke TPS terdekat.

Di sejumlah ruas jalan sekitar Batamcenter, juga tampak sampah yang berceceran seolah sengaja dilempar ke pinggir jalan. Disamping itu, pemicunya juga datang dari beberapa TPS yang ada di pasar dan pinggiran jalan, dimana sampah sudah meluap dari tempat penampungannya.

“Paling Senin nanti baru diangkut. Sekarang ya nikmati saja dulu pemandangan dan baunya,” ungkap Andi, yang tinggal sekitar 25 meter dari TPS Batamcenter.

Pantauan serupa nampak di sejumlah perumahan di Sekupang seperti Perumahan Tiban 3, Perumahan Tiban BTN dan Perumahan Tiban Airis, sampah dibiarkan menumpuk.

“Sudah seminggu sampah ini tak diangkut-angkut sama petugas,” kata salah seorang warga Tiban Airis, Leo, kemarin (16/6).

Sampah yang dibiarkan menumpuk dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Pada umumnya masyarakat Batam meletakkan sampah di depan rumahnya dan tentu saja, jika dibiarkan saja akan menimbulkan bau tak sedap bagi pemilik rumah dan juga si pengguna jalan.

Sedangkan warga Tiban 3, Yofi mengatakan ia sangat berharap pemerintah daerah cepat menyikapi hal ini.

(leo/nji)

Update