Sejumlah pesawat saat parkir di Bandara Hang Nadim Batam.. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Alhamdulillah, Uni Eropa (EU) mencabut pelarangan seluruh penerbangan maskapai Indonesia ke Eropa.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menilai pencapaian ini merupakan kerja keras dan kolaborasi yang erat dari semua pihak. Hal ini membuktikan komitmen semua pihak untuk mendukung penerbangan Indonesia.

“Kemarin kami memperoleh kabar gembira bahwa komisi Eropa telah mencabut maskapai Indonesia dari larangan terbang Eropa dari daftar keselamatan penerbangan Eropa. Pencabutan ini satu hasil kerja yang panjang, hasil kerja yang keras, kolaborasi dengan regulator dan regulasi dengan operator maskapai penerbangan Indonesia,” ujarnya dalam konferensi pers di Widya Chandra, Jakarta, Jumat (15/6).

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku senang dengan capaian tersebut. Menurutnya, hal itu menjadi kado indah bagi para maskapai.

“Kita bahagia di tengah merayakan Idul Fitri ada kado dari EU, dimana sudah mengeluarkan seluruh penerbangan dari daftar banned. Jumlahnya besar ada 55 penerbangan yang dibebaskan dari seluruhnya yang 62 penerbangan,” katanya.

Menhub mengakui, pencapaian saat ini tidaklah mudah. Beruntung, semua pihak mau saling bahu-membahu untuk melakukan upaya perubahan. Hasilnya, komite Eropa mencabut larangan penerbangan maskapai Indonesia ke benua biru.

“Kami mengusahakan ini diplomasinya tidak mudah. Dari regulator kita juga melakukan upaya perbaikan, kerja sama dengan maskapai dan bulan Maret kemaren ada assessment visit,” pungkas Budi.

(hap/JPC)

Advertisement
loading...