Kamis, 18 April 2024

H+1, Saatnya Piknik bersama Keluarga

Berita Terkait


Keramaian di Pantai Melayu, Batam, Sabtu (16/6). (Bobi Bani/JawaPos.com)

batampos.co.id – Hari kedua atau H+1 Lebaran 2018, saatnya piknik bersama keluarga.

Beberapa kawasan wisata di Batam, Kepulauan Riau (Kepri) dipadati pengunjung yang umumnya rombongan keluarga.

Seperti di kawasan Wisata Pantai Melayu, Kecamatan Galang, Batam, Kepri. Anak-anak, orang tua, remaja, dan pemuda membaur memenuhi sepanjang garis pantai. Fasilitas yang ada seperti kapal jelajah, banana boat, pelampung dan tikar, semuanya terpakai oleh pengunjung.

Suardi, 45, warga pantai Melayu yang menyediakan beberapa jasa untuk para pengunjung mengungkapkan bahwa jumlah pengunjung pada hari ini jauh lebih banyak dibandingkan pada hari H Lebaran.

Kondisi ini memang menjadi siklus pada libur Lebaran. Karena pada hari H Lebaran, masyarakat masih bersilaturrahim bersama keluarga masing-masing.

“Kalau hari Lebaran pertama, orang-orang masih beraya (berlebaran) di rumah saudara mereka masing-masing. Hari ini baru ramai,” kata Suardi ketika ditemui, Sabtu (16/6).

Jumlah pengunjung pantai dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan seiring dengan melemahnya ekonomi Batam. Banyaknya perusahaan yang tutup membuat jumlah kunjungan yang kebanyakan berasal dari rombongan karyawan mengalami penurunan.

Samsiyah, 42, warga yang datang bersama keluarganya mengaku sengaja memilih Pantai Melayu sebagai tujuan wisata. Selain dekat dengan tempat tinggalnya yang masih berada di Kecamatan Galang, kawasan pantai ini juga menyediakan beragam fasilitas.

Ia menjelaskan, piknik (berlibur sehari sembari membawa bekal makan) bersama keluarga seperti saat ini hanya dilakukan pada momen tertentu saja. Salah satunya adalah momen Lebaran.

(bbi/JPC)

Update