Jumat, 29 Maret 2024

Hari Ini, Batam dan Sekitarnya Diprakirakan Hujan

Berita Terkait

Hujan di Batam. | putut ariyotejo / batampos

batampos.co.id – Senin (18/6/2018), beberapa wilayah seperti Batam, Tanjungpinang, Kabupaten Karimun, Natuna dan Anambas, berpotensi diguyur hujan disertai angin kecang dan petir pada siang harinya.

Kondisi tersebut disebabkan terbentuknya belokan angin (shearline) di wilayah Kepri. Sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan massa udara yang mendukung proses pertumbuhan awan-awan konvektif.

Prakirawan Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Hang Nadim Batam Nizam Mawardi mengatakan, kondisi ini masih kondusif untuk transportasi laut, darat dan udara.

“Umumnya terjadi pada siang hari. Hanya di Lingga diperkirakan terjadi hujan ringan pada pagi harinya. Untuk transportasi masih tidak terganggu. Namun tetap harus waspada dengan potensi angin kencang yang akan terjadi,” kata Nizam dalam keterangannya.

Kecepatan angin maksimal berada di angka 36 km/jam. Kecepatan angin ini cukup dirasakan jika menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor. Terlebih ketika melintas di kawasan jembatan. Seperti di kawasan pulau Rempang dan Galang yang berada di Tenggara Batam.

Sementara ketinggian gelombang yang diperkirakan mencapai 1,25 meter di wilayah Kabupaten Natuna, masih sangat kondusif untuk aktivitas transportasi laut. Pada kondisi normal, gelombang laut di wilayah Natuna berada di angka 2-3 meter.

Untuk Kabupaten Bintan dan Lingga, diperkirakan hanya terjadi penumpukan awan tebal yang menyebabkan daerah ini digelayuti mendung tebal. Masyarakat diminta untuk tetap waspada mengingat potensi gangguan cuaca cukup sering terjadi di wilayah Kepri.

(bbi/JPC)

Update