batampos.co.id – Penghujung libur lebaran sejumlah lokasi wisata di Kabupaten Lingga terlihat ramai oleh pengunjung. Tidak hanya pengunjung lokal, lokasi wisata di Dabo dan Daik Lingga ramai oleh warga dari daerah luar Bunda Tanah Melayu ini yang mudik dan menghabiskan liburan di kampung halaman.

Iklan

“Saya sudah menetap di Batam, tapi karena liburan saya balik ke Dabo bukan hanya untuk bertemu sanak famili tapi kangen juga dengan suasana alami Kabupaten Lingga,” kata Rudi saat ditemui di lokasi wisata pemandian Air Terjun Batuampar, Minggu (17/6) pagi.

Seperti Rudi, masih banyak warga lainnya tidak dapat melupakan kemolekan panorama Kabupaten Lingga yang masih asri serta alami. Seperti air terjun Batuampar di Dabo Singkep, pemandian air panas, pantai indah sergang, pantau Batu Berdaun dan masih banyak lokasi wisata lainnya.

Begitu juga di Daik Lingga, daerah itu memiliki air terjun resun yang sangat deras dan jernih. Air yang langsung turun dari pegunungan itu selain bersih juga segar dan dingin. Namun masih banyak lagi lokasi wisata lainnya di Daik Lingga tersebut seperti traking pendakian gunung Daik Lingga yang terkenal bercabang tiga.

“Kalau masalah alam, Kabupaten Lingga memang terkenal sangat eksotis. Bahkan masih banyak spot-spot dan lokasi yang memiliki keindahan namun belum dijamah,” tambah Rudi.

Tak hayal, Rudi selalu memboyong seluruh keluarganya untuk kembali setiap tahun ke Kabupaten Lingga sekaligus untuk menikmati alam kampung halamannya yang memiliki segudang keindahan. Menurut Rudi, liburan dengan mengunjungi lokasi terbuka lebih baik dibanding dengan liburan di perkotaan.

Begitu juga dengan Ikhsan, keluarga kecil ini memilih untuk menikmati libur lebaran dengan kembali ke alam, menikmati dan lebih mengenalkan alam kepada anak dan keluarganya. Mereka terlihat melakukan sejumlah aktifitas seperti bermain dan bersenda gurau di pantai Batu Berdaun.

Namun sayangnya, keindahan alam yang dimiliki Kabupaten Lingga masih belum dikelola dengan baik. Masih banyak kekurangan dari sisi fasilitas umum seperti tempat bermain anak, toilet umum dan fasilitas pendukung lainnya. (wsa)