Jumat, 29 Maret 2024

Pak Wali bilang, Akhir 2019 Masjid Agung Batuaji Jadi

Berita Terkait

Pekerja menggesa pembangunan Masjid Agung, Tanjunguncang, Batuaji. Masjid Agung ini selesai dibangun di tahun 2019. Dengan kapasitas muat jamaah 25 ribu. F dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Pembangunan Masjid Agung Batuaji terus dikebut. Saat ini persentase capaian pembangunan struktur bangunan. telah mencapai angka 50 persen. Masjid yang dibangun secara multiyears tersebut direncakan selesai pada akhir 2019 mendatang.

“Target kita akhir 2019 sudah rampung,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di kediamannya, Jumat (16/7).

Masjid kebanggaan masyarakat Batam ini digadang bakal jadi pusat peribadatan sekaligus destinasi wisata yang menarik. Mengingat, Masjid Agung II Batuaji akan berdiri di atas lahan seluas empat hektare (ha) dan dilengkapi pelbagai fasilitas yang komplit mulai dari Islamic Centre, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), mes santri, media tabligh dan sebagainya.

Tahun 2018 ini Pemko Batam menggelontorkan Rp 96,9 miliar untuk pembangunan masjid. Angka ini sedikit lebih rendah dari tahun lalu yang sebesar Rp 99,5 miliar. Pembangunan Masjid Agung di Batuaji ini diprediksi memakan anggaran sekitar Rp 248 miliar.

Menurut Wali Kota, pembangunan Masjid Agung Batuaji mendesak mengingat daerah ini terus berkembang dan makin padat penduduk. Termasuk juga, makin bertambahnya jumlah kawasan industri di sekitar wilayah itu, yang membutuhkan penyediaan fasilitas yang juga memadai.

“Karena rata-rata masjid di sana kecil atau berada di perumahan, maka Masjid ini bisa jadi solusi,” katanya.

Masjid Agung Batuaji dibangun dengan arsitektur Arab-Turki-Melayu. Masjid ini diperkirakan dapat menampung sampai 18.563 jamaah. Pada bagian ballroom mampu tampung hingga 5.485 jamaah, bangunan utama bisa tampung 5.748 jamaah, lantai atas 1.175 jamaah, dan area koridor bisa menampung hingga 5.615 jamaah. Menara utamanya direncanakan akan dibangun setinggi 99 meter.

Angka ini diambil dari jumlah nama baik Allah atau Asmaul Husna. (rng)

Update