Kamis, 25 April 2024

ASDP Meminta Masyarakat Menjadwal Saat Balik Mudik

Berita Terkait

Pelabuhan Penyeberangan Telaga Punggur Batam.
F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Kapal Roro di Pelabuhan ASDP Indonesia Ferry cabang Batam hanya melayani hingga pukul 20.00. Namun, Minggu (17/6) lalu Kapal Roro terpaksa berlayar melebihi waktu yang ditentukan. Hal ini karena ketidaktahuan masyarakat, sehingga calon penumpang Kapal Roro menumpuk dan terus mengantri untuk mendapatkan tiket.

“Kami hanya bisa melayani hingga pukul 20.00 saja, lewat dari itu kami agak kesulitan. Karena minimnya rambu rute Tanjunguban ke Batam,” kata Manajer Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Batam Adolf DC Enoch, Senin (18/6).

Ia mengatakan Minggu (17/6) terjadi sedikit kesalahan. Seharusnya tiket Kapal Roro tidak lagi dijual untuk keberangkatan di atas pukul 20.00. Akibat ramainya penumpang mengantri di Pelabuhan Tanjunguban, beberapa lembar tiket terjual. Alhasil, pihak Kapal Roro terpaksa melayani melebihi jadwal yang telah ditentukan.

“Padahal kami harusnya di sini (Telagapunggur,red) sudah tak melayani di atas pukul 20.00. Namun karena masih adanya kapal yang berlayar, tetap buka hingga pukul 01.00 (18/6) dini hari,” ungkapnya.

Atas insiden ini, Adolf menuturkan pihaknya telah mewanti-wanti petugas Pelabuhan Tanjunguban, agar tidak menjual tiket untuk keberangkatan di atas pukul 20.00. “Cukup riskan juga, karena awak kapal butuh istirahat. Kalau kurang, kami takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Adolf berharap masyarakat yang ingin menggunakan jasa ASDP untuk berlayar dari Tanjunguban atau Batam, agar dapat memahami hal ini. “Jadwalkan saat balik, jangan memaksa untuk berangkat saat jam pelayaran sudah tutup. Kalau berangkat melebihi waktu yang ditentukan sangat rawan,” ungkapnya.

Di luar insiden ini, Adolf menuturkan baik saat arus mudik maupun balik semuanya berlangsung lancar tanpa ada hambatan.

“Semuanya baik dan lancar. Saya perkirakan arus balik akan terus terjadi hingga Minggu (24/6),” ujarnya. (ska)

Update