ilustrasi jalan berlubang.
F. Dalil harahap/batam Pos

batampos.co.id – Jalan berlubang menjadi salah satu faktor utama dari seringnya kecelakaan lalu lintas, terutama bagi pengendara roda dua. Salah satu kondisi jalan rusak yang menjadi perhatian lebih dari pemerintah di Jalan Yos Sudarso, sekitar 500 meter sebelum simpang antara Jalan Yos Sudarso dan Jalan Bengkong Harapan.

Pantauan Batam Pos, sedikitnya ada tiga tiga titik jalan berlubang dengan diameter 30 cm dan kedalaman sekitar 5 cm sebelum pertigaan tersebut. Selain berlubang, permukaan jalan itu juga bergelombang.

Akibatnya, jalan berlubang dan bergelombang yang terdapat di berada di sisi kanan, kiri hingga ditengah jalan itu menjadi pemicu kecelakaan tunggal. Hal itu terjadi karena banyaknya pengguna jalan yang tidak mengetahui adanya lubang, biasanya itu terjadi ketika pengendara sepeda motor berada di belakang mobil yang melintas.

Suhaimi, 45, warga bengkong mengatakan bahwa dijalan itu sering terjadi kecelakaan akibat jalan yang berlubang, namun sampai saat ini menurutnya belum ada perhatian dari pemerintah meski telah banyak memakan korban.

“Sudah sering kali kecelakaan disini. Apalagi pas malam yang kadang hanya mengandalkan lampu dari motor. Tapi sampai sekarang tidak juga diperbaiki,” ujarnya.

Sementara itu, Mustafa, tukang ojek yang mangkal di Simpang Batam Motor Center membenarkan sering terjadinya kecelakaan di sana. Bahkan ia sendiri beberapa bulan yang lalu juga terjatuh akibat dari jalan rusak itu.

“Saya kemarin juga kenk, karena saya mengerem mendadak menghindari lubang dan terjatuh. Motor saya rusak dan saya luka-luka,” ujarnya sambil menunjukkan bekas luka dibagian siku kanannya.

Selain jalan yang rusak sebelum simpang tersebut, kerusakan jalan juga terdapat di depan Sekolah Pelita Utama dan Indah Industrial Park. Beberapa pengguna jalan terpaksa harus pelan saat melintasi, bahkan ada juga yang nekad tetap memacu laju kendaraannya hingga pengendara tersebut hampir terjatuh. (gie)

Respon Anda?

komentar