Pekerja merapikan gas 3 Kg (gas melon) di salah satu distributor LPG yang berada di Ruko Anugrah Park, Bengkong. F.Rezza Herdiyanto/Batam Pos

batampos.co.id – Sejumlah pangkalan gas mulai kehabisan stok gas elpiji tiga kilo atau melon pasca lebaran. Banyak warga yang harus pulang dengan tabung gas kosong karena persediaan gas habis.

Hikmah, warga Seipanas mengaku berkeliling sejumlah pangkalan yang ada di SPBU hingga warung di kawasan Seipanas hanya untuk mencari gas tiga kilo. Tapi ia tetap tak menemukan pangkalan yang menjual gas tiga kilo.

“Gas tiga kilo pada habis. Padahal Sudah mutar-mutar nyarinya. Di SPBU hingga warung pada habis,” terang wanita berusia 33 tahun ini.

Karena kehabisan gas, ia pun terpaksa tidak memasak dan membeli makanan diluar. Namun, ia cukup kesulitan menemukan makanan yang sesuai selera karena masih banyak pedagang makanan yang tutup.

“Susah cari makan, warung makanan masih banyak yang tutup. Kalau pun buka pasti ramai pembelinya,” imbuh Hikmah.

Andre karyawan pangkalan gas di kawasan Bengkongsadai mengatakan jika stok gas ditempatnya habis beberapa hari lalu. Permintaan gas meningkat saat lebaran, sehingga ketersediaan gas cepat habis.

“Kemarin pas lebaran banyak yang beli, makanya cepat habis,” terangnya.

Disinggung kapan pasokan dari pertamina atau distributor datang, Andre mengaku tak tahu pasti. Menurutnya, hingga sore kemarin masih banyak warga bolak-balik menanyakan kapan gas tersedia lagi.

“Saya juga tak tahu kapan pasokan datang lagi. Kalau untuk harga disini tetap sama, Rp 18 ribu pertabung,” imbuhnya.

Banyaknya pangkalan gas kosong juga dikeluhkan oleh warga di kawasan Batamcenter. Menurut mereka, banyak pangkalan gas kehabisan stok gas dan tidak bisa memastikan kapan pasokan datang lagi.

Sementara, PT Pertamina cabang Batam belum bisa dikonfirmasi terkait kekosongan gas tiga kilo disejumlah pangkalan.

Beberapa waktu lalu, PT Pertamina sempat menjamin ketersediaan gas di Batam aman. Apalagi dengan adanya penambahan kuota gas elpiji tiga kilo untuk wilayah Kepri, khususnya Batam. (she)

Advertisement
loading...