Jumat, 26 April 2024

BKPPD Dukung Kuota 10 Persen Lulusan Cum Laude

Berita Terkait

batampos.co.id – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bintan menyambut baik rencana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan kuota 10 persen bagi lulusan cum laude dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

“Saya pribadi sangat setuju sekali,” ujar Kepala BKPPD Kabupaten Bintan Irma Annisa, Selasa (19/6).

Menurutnya, jika kebijakan tersebut diberlakukan, otomatis memberikan kesempatan dan peluang bagi lulusan cum laude. “Artinya banyak anak-anak yang pintar dalam akademik bisa menjadi pegawai. Tak sia-sia mereka sekolah dengan nilai dan hasil yang terbaik,” jelasnya.

Hanya diakuinya penerimaan CPNS untuk tahun 2018 belum dibuka. Sebab sampai saat ini diakuinya, pihak BKPPD belum menerima formasi maupun kuota CPNS tahun 2018 yang dikeluarkan KemenPAN RB. “Sampai saat ini kami belum menerima formasi tersebut,” katanya.

Menurutnya, Pemkab Bintan pernah mengusulkan kebutuhan CPNS di lingkungan Pemkab Bintan. Awalnya pihak BKPPD mengusulkan tenaga pengajar atau pendidikan dan tenaga medis atau kesehatan. Hanya belakangan, pihak BKPPD kembali melakukan revisi untuk kebutuhan tenaga teknis lainnya. “Tenaga akutansi dan teknis lainnya juga kita perlukan. Makanya akan direvisi lagi,” tukasnya.

Sebagaimana diketahui saat ini jumlah pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Bintan sebanyak 3.269 dan pegawai kontrak non PNS 1.123 dan 43 PTT. Artinya, Bintan masih butuh ribuan CPNS baru.(met)

Update