Jumat, 29 Maret 2024

Hari Minggu Diprediksi Puncak Arus Balik ke Batam melalui Bandara Hang Nadim

Berita Terkait

Para penumpang pesawat yang keluar dari pintu kedatangan saat tiba di bandara Hang Nadim Batam. | Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Puncak arus mudik melalui Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), diperkirakan terjadi pada Minggu (24/6/2018) mendatang. Namun kepadatan penumpang diperkirakan tidak melebih puncak arus mudik sebelumnya. Yakni berada di atas 10.000 penumpang.

Pada H+1 Lebaran atau Sabtu (16/6) lalu, tercatat sudah ada 7.834 orang tiba di Batam melalui jalur udara. Jumlah ini mengalami peningkatan sekitar 2,5 persen dibanding periode sama pada tahun lalu.

Sementara untuk H+2 dan H+3 Lebaran, perbandingan jumlah penumpang yang datang justru mengalami penurunan. Rata-rata kedatangan di Bandara Hang Nadim sampai saat ini berkisar di angka 8.100 penumpang per hari. Mereka datang dari berbagai daerah.

“Bisa diasumsikan mengalami penurunan dibanding tahun lalu. Memang sudah mulai terasa arus balik sejak sehari setelah Lebaran. Tapi sekarang memang belum puncak arus balik,” kata Direktur Badan Udaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Suwarso, Rabu (20/6).

Suwarso menjelaskan, jumlah pemudik masih terbilang tinggi meski sudah melewati beberapa hari libur Lebaran. Data kebetangkatan di Bandara Hang Nadim setelah libur Lebaran masih berada di atas 9.000 orang untuk setiap harinya.

(bbi/JPC)

Update