Sabtu, 20 April 2024

Jumlah Pasien RSBK Meningkat

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Selama lebaran idul fitri jumlah pasien di Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK) Seraya, Kota Batam meningkat 100 persen. Rata-rata pasien yang berobat untuk keluhan asam lambung, mencret, batuk pilek, jantung hingga kecelakaan.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSBK Kota Batam, Evelyn mengatakan peningkatan jumlah pasien terjadi pada hari pertama dan kedua lebaran. Dimana selama lebaran RSBK membuka pelayanan khusus di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

“Jumlah pasien saat lebaran meningkat hampir seratus persen, terutama untuk tanggal 15 dan 16 (Juni, red) kemarin,” ujar dr Evelyn kepada Batam Pos.

Rata-rata pasien berobat untuk keluhan asam lambung, mencret, sakit tengorokan, batuk pilek hingga jantung. Pasien yang biasanya hanya 40 orang, meningkat lebih dari 85 orang.

“Untuk kecelakaan masih ada. Hari pertama dan kedua jumlah pasien lebih dari 85 orang. Hari ini (kemarin, red) pasien IGD sudah mulai normal, sekitar 60 pasien,” imbuhnya.

Menurut dia, pelayanan rawat jalan RSBK baru aktif hari ini. Meski begitu, jumlah pasien sudah mulai banyak meski beberapa dokter spesialis masih cuti. Ditotalkannya, jumlah pasien IGD hingga rawat jalan hari ini (kemarin, red) sekitar 284 pasien. Sedangkan rawat jalan ada sekitar 20 pasien.

“Kalau dibanding hari biasa, jumlah pasien terdaftar menurun. Karena biasa itu bisa 350-400 pasien. Beberapa dokter masih ada yang cuti, makanya jumlah pasien tak terlalu banyak,” jelas Evelyn.

Peningkatan pasien di RSBK secara tak langsung menjelaskan jika kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit itu masih tinggi. RSBK pun berusaha memberi pelayanan lebih baik lagi untuk pasiennya. (she)

Update