Sabtu, 20 April 2024

Pasien IGD RSUD Naik 100 Persen, Pasca Lebaran

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Hari pertama pasca lebaran, di IGD RSUD Embung Fatimah dibanjiri pasien. Hari biasanya per harinya di IGD RSUD Embung Fatimah biasanya hanya ada 20 sampai 30 pasien saja, pasca lebaran atau H+ 1 di IGD kemarin ada sebanyak 64 kunjungan pasien.

Hal tersebut dikatakan oleh Direktur RSUD Embung Fatimah, Ani Dwiyana kepada Batam Pos, Selasa (19/6) siang.

“Sebenarnya tak banyak juga sih lonjakan kunjungan pasien pasca lebaran. Memang ada peningkatan tapi tak banyak. Rata-rata pasien yang datang mengeluhkan sakit yang ringan-ringan seperti diare, batuk, demam karena kecapean. Kalau untuk penyakit yang berat-berat, kayaknya belum ada,” ujar direktur yang juga berprofesi sebagai dokter gigi ini.

Banyaknya pasien pasca lebaran yang mendatangi IGD, lanjut Ani, karena sejumlah poliklinik di RSUD Embung Fatimah juga masih libur cuti lebaran. Makanya dialihkan sejumlah pasien yang datang ke IGD.

Apalagi RSUD Embung Fatimah merupakan salah satu rumah sakit rujukan di Batam, Ani menilai wajar apabila pasca lebaran banyak pasien ke RSUD.

“Kalau untuk pasien rawat inap, kayaknya tak ada peningkatan. Tetap sama seperti hari-hari biasanya. Kami tetap menerima pasien rujukan yang perlu untuk dirawat inap atau dilakukan penangangan medis,” terangnya.

masih kata Ani, layanan poliklinik di RSUD Embung Fatimah akan beroperasi normal kembali pada hari Kamis (21/6) nanti, usai habis libur cuti bersama lebaran.

“Kami tetap menyiagakan sejumlah petugas medis jaga untuk menangani pasien meski di hari libur seperti saat ini. Apabila diperlukan penangangan khusus oleh dokter spesialis, kami koordinasi langsung dengan dokter yang bersangkutan,” ujar Ani mengakhiri. (gas)

Update