batampos.co.id – Ribuan calon penumpang terlihat memadati Pelabuhan Tanjungbatu, Selasa (19/6). Meski hanya menggunakan satu ponton, namun arus mudik maupun arus balik berjalan lancar.

Iklan

Seluruh calon penumpang kapal dapat terlayani. Tidak ada calon penumpang yang tidak terangkut untuk mudik maupun balik paska lebaran. Hal ini tercipta berkat kerja sama dinas, instansi, dan peran aktif seluruh petugas pelabuhan serta masyarakat, juga penumpang.

Alhamdulillah, meski terlihat padat namun semua berjalan lancar. Seluruh calon penumpang kapal dapat terlayani,” ungkap Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Batu Capt. Imran, kemarin.

Untuk menjaga kelancaran arus mudik dan balik, pihaknya menerapkan sistem boarding pass. Sebelumnya pelabuhan ini tak menggunakan sistem tersebut. ”Baru tahun ini kami terapkan sistem boarding pass. Alhamdulillah, sistem ini memberikan dampak positif.
Penumpang dengan nyaman selama dalam perjalanan dan dipastikan dapat tempat duduk di dalam kapal feri atau speedboat yang mereka tumpangi,” tutur Imran.

Diakuinya ada kendala di lapangan terutama masalah hanya satu ponton yang dapat digunakan, sedangkan satu ponton lagi rusak dan sampai sekarang belum selesai diperbaiki. Mengingat hanya ada satu ponton, kapal penumpang yang hendak bersandar terpaksa mengantre. ”Jika air pasang kita manfaatkan ponton bongkar muat untuk menurunkan penumpang bagi kapal feri,” bebernya.

Dari 31 Mei hingga Senin (18/6) rata-rata ada 1.219 penumpang yang datang per hari dengan total sebanyak 15.923 orang. Sementara untuk arus balik sebanyak 13.865 orang, puncaknya Selasa (19/6) kemarin dengan jumlah arus balik mencapai 2.098 orang dalam sehari.(ims)