Jumat, 29 Maret 2024

Aspal Terkikis Karena Banjir

Berita Terkait

SEJUMLAH pengendara sepeda motor harus ekstra hati-hati dan menghindari kubangan di jalan yang banyak berlubang tepat di Jalan Raya Hang Kesturi menuju kawasan industri Kabil.
f. Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Beberapa simpang utama di Batam selalu digenangi air atau banjir setiap kali diguyur hujan. Di antaranya, Simpang Putri Hijau, Sagulung dan Simpang Panbil.

Alhasil keadaan ini membuat aspal pada dua simpang tersebut terkikis. Cukup parah yakni di Simpang Putri Hijau menuju Batuaji. Hal ini memantik kekecewaan warga yang kerap melintas di simpang tersebut.

“Kalau pembuangan airnya lancar, jalannya tak rusak begini,” kata Laila, pengendara yang dijumpai Batam Pos, Rabu (20/6).

Menurutnya, pihak terkait harusnya jeli melihat potensi kerusakan jalan karena banjir, jika tidak biaya untuk memperbaiki jalan akan tinggi.

“Masalah utamanya drainase dangkal. air tak tertampung ya larinya ke jalan,” katanya.

Kondisi serupa juga terlihat di Simpang Panbil dari arah Tanjungpiayu. Di lokasi itu kerusakan jalan cukup memprihatikan. Umumnya kerusakan disebabkan genangan air hujan, sehingga aspal mudah rusak dan terkikis.

“Rata-rata karena genangan,” kata Mariamah warga Tanjungpiayu.

Sementara beberapa titik jalan yang berlubang telah selesai diperbaiki. Seperti di depan pintu SP Plaza, Sagulung dan di Simpang Panbil mulai dari pintu satu Batamindo hingga menuju Rusun Mukakuning.

Sebelumnya , Kepala Dinas Bina Marga Yumasnur menyebutkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait perbaikan jalan, untuk diketahui dua ruas jalan tersebut berada pada ruas jalan nasional.

“Tak hanya jalan nasional, ruas jalan kota dan provinsi juga akan diperbaiki,” tutupnya. (une)

Update