Datang ke stadion untuk menyaksikan langsung Piala Dunia adalah impian semua pencinta sepak bola, termasuk asal Indonesia, kendati negara ini belum pernah lolos ke ajang sepak bola terbesar di jagad raya ini.

Iklan

Bagi Mohamad Septo Riza, Rusia 2018 adalah Piala Dunia ketiganya. Saat ajang olahraga paling prestisius ini digelar di Afrika Selatan pada 2010 dan Brasil (2014), dia juga bisa menonton langsung di stadion.

Pada Rusia 2018, pria kelahiran Bojonegoro yang sekarang tinggal di Jakarta tersebut menonton dua pertandingan. Yakni Meksiko melawan Jerman, Minggu (17/6) waktu setempat, dan Portugal versus Maroko, Rabu (20/6). Laga-laga itu berlangsung di Luzhniki Stadium, Moskow.

Penampilan Riza khas. Dia memakai baju dalang lengkap dengan blangkonnya. Pada dua Piala Dunia sebelumnya, Riza mengaku kerap memakai kostum Gatotkaca. Dengan dandanan seheboh itu, dia akhirnya kerap menarik perhatian.

”Banyak yang ngajakin foto sih. Kalau sekarang, jarang,” kata Riza.

Riza memburu misi khusus pada Piala Dunia 2018. Dia ingin berfoto bersama legenda-legenda sepak bola yang saat ini banyak terjun sebagai komentator. Tidak tertarik berfoto dengan pemain aktif?

”Legenda lebih keren sih bagi saya. Tapi, cara bisa foto bareng gimana ya?” dia bertanya balik. (CANDRA WAHYUDI, Moskow)