ilustrasi

batampos.co.id – Kepala dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Suleman Nababan mengatakan pembangunan gedung Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk UMKM akan mulai dibangun Juli mendatang. Di mana proses lelang sudah selesai dengan nilai bangunan sebesar Rp 2,3 miliar di daerah Bengkong.

Iklan

“Kalau saya tidak salah, itu sudah mau penetapan pemenang. Dan bulan Juli mendatang rencananya akan mulai pembangunan fisiknya. Saya akan coba pastikan besok ke kementerian,” katanya di Batam Center, Kamis (21/6).

Sulemang mengatakan sebenarnya anggaran yang disetujui pusat mencapai Rp 2,6 miliar.

“Jadi sisanya adalah untuk administrasi dan sebagainya. Jadi sudah tepatlah menurut kita. Dan memang bangunan ini sangat penting untuk pembangunan UMKM kita,’ katanya.

Ia mengatakan BLUD ini nantinya bisa menjadi wadah bagi pelaku UMKM meningkatkan produksi dan potensinya. Di BLUD ini nantinya semua hasil kerajinan bisa dipasarkan. Termasuk adanya pembinaan dari pemerintah untuk pelaku usaha

“Jadi sejumlah turis nanti bisa melihat hasil kerajinan yang dipasarkan di sini. Sejumlah stand yang mendukung UMKM akan bisa dilihat di sini,” katanya.

Anggota komisi II DPRD Kota Batam Mulia Rindo Purba mengatakan BLUD ini memang sangat bagus untuk perkembangan UMKM. Di mana selama ini banyak pelaku UMKM yang kesulitan memasarkan hasil produksinya. Termasuk kesulitan untuk pengembangan kualitas produksi.

“Di sini nanti kan ada juga pendampingan. Yang paling penting adalah pendampingan untuk akses permodalan ke perbankan. Jangan hanya pendampingan kualitas. Modal merupakan hal yang paling mendasar untuk wira usaha. Jadi ini memang harus benar-benar didukung,” katanya. (ian)