Kamis, 25 April 2024

Mudik Saat Arus Balik

Berita Terkait

Calon penumpang antri di pintu masuk keberangkatan Bandara Hang Nadim Batam.
F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Fenomena cukup unik terjadi di Idul Fitri tahun ini. Sebagian kecil masyarakat Batam memilih mudik saat arus balik Idul Fitri.

Ini dibuktikan dari data Bandara Internasional Hang Nadim Batam, sejak H+1 hingga H+5 penumpang yang memadati terminal kedatangan diatas angka 9 ribuan orang. Terhitung selama lima hari setelah lebaran, penumpang yang keluar Batam sebanyak 46.634 orang.

Sedangkan penumpang yang datang dari H+1 hingga H+5 sebanyak 43.436 orang. Jumlah penumpang saat arus mudik dan datang diprediksi tidak akan sama.

“Ada beberapa alasan kenapa penumpang saat arus mudik lebih besar dibandingkan arus balik,” kata Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim, Suwarso, Jumat (22/6).

Ia mengungkapkan alasan arus mudik lebih banyak dibandingkan arus balik, karena libur anak sekolah yang masih panjang. Sehingga banyak yang memanfaatkan momen tersebut untuk berlibur. Orang-orang yang tak memilih pulang kampung ketika arus mudik, mereka memilih selepas lebaran saat arus balik kembali ke kampung halamannya. Momen ini ditunjang juga dengan harga tiket yang relatif lebih murah dibandingkan saat arus balik.

“Juli kalau enggak salah, anak-anak baru masuk anak sekolah,” ungkap Suwarso.

Kondisi inilah yang membuat mudik kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Lonjakan penumpang datang ke Batam diprediksi akan terjadi lagi menjelang berakhirnya liburan anak sekolah. Suwarso mengungkapkan, secara umum penumpang yang menggunakan jasa Hang Nadim tahun ini melonjak 4,22 persen dibandingkan tahun lalu. “Ekonomi yang semakin membaik,” ungkapnya.

Taufik salah seorang penumpang yang memilih mudik saat arus balik ditemui Batam Pos Jumat (22/6) lalu menuturkan dirinya baru mengajukan cuti ke perusahaannya sehabis libur lebaran usai.

“Alasannya karena anak-anak libur panjang aja. Lagian masih suasana lebaran, mau silaturahmi juga,” tuturnya singkat.

(ska)

 

Update