batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan membuka kotak pengaduan di seluruh kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bintan. Masyarakat yang kecewa dengan pelayanan dan kinerja pegawai bisa memberikan kritik dan saran melalui kotak tersebut.

Iklan

“Selain memperbaiki pelayanan publik, setelah hari raya ini kita buka kotak pengaduan terkait kinerja pegawai dan pimpinanya di masing-masing OPD. Saya sendiri yang akan membacanya,” kata Bupati Bintan Apri Sujadi, Jumat (22/6).

Hanya ketika menyampaikan pengaduan, ia menjelaskan harus ada data dan bukti-bukti yang konkret. “Harus lengkap identitasnya dan bukti-buktinya. Karena saya tidak menerima surat kaleng,” katanya.

Misalkan terkait perjalanan dinas yang dilakukan orang yang sama. “Kan bisa disampaikan dalam kotak pengaduan,” jelasnya mencontohkan.

Tujuan dibukanya kotak saran ini supaya permasalahan di tingkat pegawai bisa diselesaikan dengan baik melalui kebijakan. “Ini sudah menjadi tuntutan kinerja untuk memperbaiki sistem birokrasi. Jadi, bukan mencari-cari kesalahan,” pungkasnya.(met)