Sabtu, 20 April 2024

Pemko Batam Berencana Relokasi Kantor Disdukcapil

Berita Terkait

Warga duduk diteras Disduk untuk antre pengambilan akte lahir di Kantor Disduk dan Pencatatan Sipil, Sekupang.
F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Kota Batam berencana merelokasi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang saat ini berada di Sekupang.

Kepala Disdukcapil Batam, Said Khaidar mengatakan kondisi kantor yang saat ini ada tidak sanggup lagi menampung jumlah pemohon yang ingin mendapatkan pelayanan. Untuk itu, pihaknya berencana membangun kantor baru.

“Rencananya kami mau bangun dekat Batamcenter sana. Kebetulan ada lahan yang cukup untuk membangun kantor baru,” kata dia, Sabtu (23/6).

Rencana relokasi ini udah disampaikan kepada Wali Kota Batam, Muhammad Rudi san sudah disetujui. Said menambahkan kantor yang ada saat ini memang belum bisa memberikan kenyamanan pelayanan kepada warga.

“Jadi kata Pak Wali dari pada tambal sulam, lebih baik dicari lokasi baru,” ucapnya.

Sesuai dengan arahan tersebut, nanti pihaknya akan mengajukan anggaran untuk mempersiapkan Detail Engineering Design (DED) bangunan baru.

“Mungkin si APBD-P nanti kami coba usulkan, agar bisa memulai tahap awal,” lanjut mantan Kabag Tapem Pemko Batam ini.

Pembangunan kantor baru nanti tentu harus lebih baik dari pada gendung yang saat ini ditempati. Selain ruang pelayanan tempat parkir juga penting, karena warga datang menggunakan kendaraan mereka. “Jadi haruas aman juga saat mereka mengurus berkas,” imbuhnya.

Said menambahkan dalam waktu dekat ini akan berkoordinasi lebih dahulu dengan Badan Pertanahan Kota Batam mengenai lokasi tersebut.

“Lahannya ada, cuman tentu banyak hal yang harus diurus dulu. Mungkin kantor ini tidak jadi dalam waktu dekat ini, namun ke depan diusahakan kantor pelayanan Disdukcapil lebih baik,” tutupnya.

Pelayanan di Disdukcapil merupakan salah satu yang paling ramai. Setiap harinya Disduk bahkan membatasi nomot antrian agar mereka yang telah datang sejak pagi berkasnya di proses. Satu hari Disdukcapil meneriman sedikitnya 200 surat pindah dan 130 pengurusan akta.(yui)

Update