Jumat, 29 Maret 2024

Kemenag Gelontorkan Rp 980 Juta

Berita Terkait

Marwin Jamal. Foto: Jailani/batampos.co.id

batampos.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kepulauan Riau (Kepri) menyalurkan bantuan sebesar Rp 980 juta kepada sejumlah lembaga pendidikan Islam yang ada di Kepri. Tujuannya untuk peningkatan kualitas pendidikan Islam menjadi lebih baik lagi.

Dari jumlah itu, sebanyak Rp 200 juta di antaranya diberikan kepada Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan Madrasah Diniyyah Awwaliyah yang ada di Tanjungpinang dan Bintan. Tercatat ada 11 TPA dan MDA yang memperoleh bantuan masing-masing sebesar Rp 20 juta.

Lalu Rp 760 juta lainnya merupakan bantuan yang diberikan kepada pondok pesantren. Bantuan yang disalurkan kepada sembilan pondok pesantren ini untuk rehabilitasi asrama, meubeleir, pembangunan asrama, BOP pendidikan, dan pembangunan ruang belajar. “Ini merupakan program dan komitmen Kemenag untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Kepri,” ungkap Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Marwin Jamal, kemarin.

Tidak hanya itu, Kemenag Kepri juga telah menyerahkan bantuan untuk madrasah dengan total bantuan lebih dari Rp 1,8 miliar. Penyerahan bantuan itu disejalankan dengan kegiatan workshop Penerima Bantuan Madrasah se-Kepulauan Riau. “Jenis bantuan yang diberikan adalah bantuan meubeleir, bantuan alat peraga, bantuan rehabilitasi ruang kelas, dan bantuan pembangunan kelas baru,” terang Marwin.

Sementara itu, Kasi Sarana dan Prasarana Madrasah Kanwil Kemenag Kepri, Ali Hasan Hasibuan mengatakan, bantuan diberikan kepada madrasah yang sudah diverifikasi secara langsung oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kepri.

“Sebenarnya banyak madrasah yang perlu kita bantu di Kepri ini berdasarkan penilaian kami, tetapi anggaran terbatas. Tahun depan madrasah yang sama bisa mendapatkan bantuan lagi tetapi dengan jenis bantuan yang berbeda karena kita harus berbagi dengan madrasah lainnya,” ujar Ali. (aya)

Update