Kamis, 25 April 2024

Kriminal dan Lakalantas Turun

Berita Terkait

batampos.co.id – Operasi Ketupat Seligi 2018 yang digelar Polres Karimun untuk pelaksanaan pengamanan Hari Raya Idul Fitri sejak Rabu (6/6) resmi berakhir Senin (25/6). Hal ini ditandai dengan upacara konsolidasi dengan instansi terkait di ruang rapat utama Mapolres Karimun.

Alhamdulillah Operasi Ketupatr Seligi 2018 telah resmi ditutup dan penutupannya serentak seluruh Indonesia. Dari pelaksanaan operasi sampai dengan selesai berjalan dengan lancar. Untuk tingkat kriminal selama operasi berlangsung, seperti di pusat keramaian dan pasar tumpah, tidak ada. Bahkan untuk kasus jambret atau pencurian dengan kekerasan (curas) selama operasi berlangsung nihil,” ujar Kapolres Karimun, AKBP Hengky Pramudya kemarin.

Kemudian, katanya, untuk peristiwa Lakalantas pada saat operasi dan malam takbiran tidak ada laporan. Dibandingkan tahun lalu, kondisi Lakalantas untuk tahun ini menurun 3 persen. Artinya, untuk tahun lalu itu ada dua Lakalantas di Pulau Karimun.
Sedangkan tahun ini tidak ada. Hal ini tentunya dampak dari penindakan yang dilakukan pihaknya mengamankan 299 unit sepeda motor yang tidak standar. Misalnya menggunakan knalpot racing, kondisi sepeda motor trondol dan tidak menggunakan plat nomor polisi.

Penindakan yang kita lakukan mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Sebab, sebelumnya tidak pernah ditindak seperti ini. Untuk itu, dengan pe­nindakan seperti ini, maka pada tahun-tahun be­rikutnya diharapkan sudah tidak ada lagi yang me­nggunakan knalpot racing pada malam takbi­ran.

”Ini juga sebagai upaya pencegahan agar sepeda motor yang menggunakan knalpot racing tidak ugal-ugalan di jalan raya sehingga menyebabkan Lakalantas,” paparnya.

Selain itu, lanjut Kapolres, pihaknya juga memberikan piagam penghargaan kepada pihak-pihak yang ikut terlibat dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Di antaranya diberikan kepada Kades di Pongkar dan Pangke. Karena telah ikut bersama-sama mengamankan lokasi pantaui agar pengunjung di kedua pantai tersebut nyaman dan aman.(san)

Update