Raja Ariza. F. Yusnadi/batampos.co.id

batampos.co.id – Masyarakat Tanjungpinang maupun warga yang berkunjung ke kota itu kini bisa menambah pengetahuan dengan mengunjungi Rumah Baca Pantai yang diresmikan Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza, Senin (25/6) kemarin.

“Ini sebuah inovasi yang patut diapresiasi. Saya berharap dari sini semakin tumbuh minat baca anak-anak Tanjungpinang,” kata Ariza.

Ia juga berharap pihak sekolah juga bisa memanfaatkan Rumah Baca Pantai sebagai sarana penunjang pengajaran di luar ruang. Bagaimana pun, kata dia, perlu peran aktif dari pihak sekolah agar anak-anak jadi lebih dekat dengan buku dan tidak melulu bermain gawai.

“Ini merupakan sarana rekreasi edukasi yang menarik karena berhadapan langsung dengan laut dan Pulau Penyengat,” ujar Ariza.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Wan Samsi mengatakan inovasi rumah baca ini merupakan strategi untuk meningkatkan minat baca dan kunjungan masyarakat ke perpustakaan.

“Ini strategi untuk meningkatkan kunjungan ke perpustakaan. Tahun 2017 lalu, terdapat 38.702 pengunjung. Hingga Juni 2018 ini sudah 18.977 pengunjung dengan target 33.000 pengunjung,” ungkapnya.

Menurutnya, inovasi adalah kunci menarik minat baca di masa kini. Tanpa inovasi sukar menumbuhkan minat di tengah gemerlap teknologi. (aya)

Respon Anda?

komentar