Kamis, 18 April 2024

46 Orang Ikuti Pelatihan di 3 BBPLK

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Karimun, memberikan kesempatan kepada putra putri Kabupaten Karimun untuk mengikuti pelatihan yang diadakan tiga Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan, Bandung dan Semarang. Pelatihan berlangsung selama kurang lebih 1,5 bulan.

”Total keseluruhannya mencapai 46 orang yang lulus seleksi dari tiga BBPLK. Untuk ikut pelatihan secara gratis, mulai dari rumah hingga tempat pelatihan,” jelas Kabid Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Karimun Harlita, Selasa (26/6).

Untuk BBPLK Semarang, sudah ada penyeleksian. Dari 39 peserta yang ikut tes, hanya lulus 16 orang, meliputi delapan orang untuk sekretaris dan delapan orang untuk bahasa Inggris.

Kemudian, BBPLK Medan jurusan pariwisata dan bangunan diikuti 45 pelamar, tetapi hanya 25 orang yang lolos. Enam orang lolos untuk mendalami tukang finishing teknik semprot. Selanjutnya tour guide tiga orang, ticketing tujuh orang, dan drafter arsitektur enam orang.

Kemudian, BBPLK Bandung untuk jurusan otomotif yang mendaftar 29 orang. Terpilih hanya lima orang. Peserta yang lulus, akan diberangkatkan pada bulan Juli mendatang dengan tahapan, untuk BBPLK Bandung tanggal 1 Juli, BBPLK Semarang 2 Juli dan BBPLK Medan di minggu ketiga.

”Walaupun kuotanya terbatas, kita tetap bersyukur Kabupaten Karimun mendapatkan semua kuota dari lima BBPLK di Indonesia,” ungkapnya. Setelah tiga BPPLK, ada dua BBPLK lagi yaitu Serang dan Bekasi akan dibuka pada Agustus mendatang.

Dengan demikian, pihaknya pada tahun depan akan berusaha melobi pihak BBPLK agar ada penambahan kuota untuk pelatihan nantinya. Sehingga kesempatan masyarakat Kabupaten Karimun untuk mengikuti pelatihan lebih besar. lagi.(tri)

Update