batampos.co.id – Cuaca tak menentu seperti beberapa hari terakhir tidak menyurutkan sejumlah nelayan untuk mencari ikan di laut. Namun keberanian mereka bukanlah tanpa perhitungan.

Erwin, salah satunya. Nela­yan Dabo Singkep itu tetap turun ke laut untuk mencari ikan. Kapal bertenaga 3 GT yang dinakhodainya untuk mencari ikan, dilengkapi dengan peralatan keselamatan. Ada life jacket serta radio sebagai alat komunikasi dengan instansi terkait sewaktu mereka berada di tengah laut.

”Dengan cuaca seperti ini kami juga tidak ke laut yang ja­uh. Paling kami ke Pulau Sa­yak yang berada di depan Pul­au Singkep,” ujar Erwin di Pelabuhan Dabo Singkep, Selasa (26/6).

Menurutnya, lokasi pencarian ikan di sekitar Pulau Sayak termasuk aman. Jika cuaca tiba-tiba berubah, nelayan dapat berlindung dan menepi ke Pulau Sayak. Selain itu, kondisi perairan di Pulau Sayak telah dipelajari sejak pertama kali turun ke laut.

Selain faktor cuaca, Erwin mengeluhkan banyaknya nelayan luar yang mencari ikan di perairan tersebut. Menurutnya hal tersebut mengganggu keberlangsungan nelayan lokal Dabo Singkep. ”Mereka datang merapat ke Pelabuhan Dabo tanpa koordinasi,” ujarnya.(wsa)

Respon Anda?

komentar