Jumat, 19 April 2024

Hujan Deras, Pohon Tumbang ke Jalan

Berita Terkait

batampos.co.id – Hujan deras yang melanda Batam sejak pagi membuat sejumlah pohon yang berada di tepi jaan tumbang. Beberapa lokasi pohon tumbang dan ranting pohon patah diantaranya di jalan RE Martadinata atau jalan menuju pelabuhan Sekupang, Jalan Gajah Mada dan Jalan Guridam tak jauh dari Taman Kolam, Batamcenter.

Ketua Bidang Pertamanan, Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertamanan (Disperakimtan) Kota Batam, Irwan Saputra mengatakan kondisi cuaca saat ini memang bisa menyebabkan pohon tumbang.

“Intensitas hujan cukup tinggi, jadi pohon tua atau kering bisa tumbang,” sebutnya, Rabu (27/6).

Untuk keadaan darurat seperti pohon tumbang yang menggangu kelancaran arus lalu intas akan lansung ditertibkan agar menghindari kemacetan. Meskipun saat ini libur, petugas tetap ada yang disiagakan untuk menertibkan pohon tumbang ini.

Irwan menambahkan, sebelumnya pihaknya sudah menyisir beberapa lokasi yang kondisi pohonnya sudah mulai tua dan ranting mulai menjulur ke jalan. Ia mengimbau kepada pengendara untuk berhati-hati melewati jalan yang cukup ramai pohonya.

“Bersyukurnya pohon tumbang saat lalu lintas tidak terlalu ramai, sehingga tak ada pengendara yang terkena pohon tumbang ini,” sebutnya.

Pria lulusan salah satu Univeristas di Jepang ini mengaku, untuk jalan-jalan besar pihaknya berkoordinasi dengan BP Batam, khususnya untuk jalan yang menuju pelabuhan Sekupang. “Kalau kawasan lain sudah anggota sudah langsung bereskan. Ini mereka juga masih turun,” tambahnya.

Pantauan Batam Pos di Jalan Gajah Mada, Sekupang, beberapa pengendara terlihat memindahkan ranting pohon ke pinggir jalan. Hujan deras yang turun membuat pengendara terlihat bergerak cepat agar arus perjalanan kembali lancar.

Sementara itu di jalan Gurindam atau tak jauh dariTaman Kolam Batamcenter pohon yang tumbang langsung di angkat dari badan jalan oleh pengendara dan masih menunggu dipotong dari dinas terkait.(yui)

Update