Kamis, 18 April 2024

PMI Batam Apresiasi Pendonor dan Penyelenggara

Berita Terkait

batampos.co.id – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam memperingati Hari Donor Darah Sedunia (world blood donor day) 2018, di Gedung PMI Kota Batam, Batamcenter, Sabtu (30/6).

Kepala unit darah PMI Batam, dr.Novia mengatakan, peringatan kali ini memang tidak bertepatan di Hari Donor Darah Sedunia sebenarnya yang jatuh setiap tanggal 14 Juni. “tapi karena kemarin itu bertepatan dengan Ramadan, maka PMI Batam baru mengadakannya sekarang,” terang dr.Novia yang juga sebagai ketua panitia acara.

Ia menjelaskan, acara tersebut diisi dengan prosesi penyerahan penghargaan sebagai bentuk apresiasi PMI Kota Batam, kepada para pendonor darah juga penyelenggara kegiatan donor darah. “Untuk pendonor ada depalan orang dan penyelenggara ada tujuh instansi maupun organisasi,” sebutnya.

Pada kategori pendonor, delapan penerima penghargaan yakni untuk pendonor 10 kali, 25 kali, 50 kali dan 75 kali yang masing-masingnya dua orang. Sementara untuk tujuh penyelenggara yang menerima penghargaan diantaranya, Bank Indonesia Kepri, Yayasan Buddha Tzu Chi, PSMTI, dan Excelitas Batam.

“Penghargaan yang diberikan berupa sertifikat,” ucap dr.Novia.

Bentuk apresiasi yang diberikan, lanjutnya, sebagai motivasi bagi masyarakat maupun pihak perusahaan ataupun organisasi untuk mau aktif berpartisipasi dalam kegiatan donor darah.

Di samping itu, juga dilakukan penandatangan MoU antara PMI Kota Batam dengan para pihak penyelenggara untuk tetap menggandeng PMI sebagai mitra disetiap aksi donor darah. Yaitu, BI Kepri, Polresta Barelang, Yayasan Buddha Tzu Chi, PSMTI, Perkumpulan Marga Tan dan Excelitas Batam.

Ia berpendapat, aktivitas donor darah di Kota Batam cukup baik dengan jumlah kantong darah yang hampir sama diterima PMI Batam setiap bulannya. “Dalam sebulan itu rata-rata PMI Batam menerima kurang lebih 1.400 sampai 1.500 kantong darah,” tutup dr.Novia. (nji)

Update